Nasabah takut dengan pinjol atau DC setelah mereka gagal membayar pinjaman online atau pinjol, baik pinjol yang sah maupun pinjol yang tidak berlisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.
Sangat mudah untuk mendapatkan pinjaman melalui internet dengan KTP, tetapi perlu diingat bahwa jika nasabah gagal membayar, pinjol akan mencatat nama mereka di SLIK OJK, membuat nama BI Checking Anda tidak aman.
Namun, Anda tidak perlu khawatir; artikel ini akan menawarkan cara untuk menjaga nama pelaku pinjol aman dan memastikan bahwa DC atau debt collector tidak akan menakutkan Anda, sadap kontak Anda, atau mengganggu Anda saat Anda mengajukan keringan pinjol atau restrukturisasi terbaru 2023. Anda dapat menemukan metode ini di sini.
Perlu diingat bahwa pinjaman online atau pinjol tidak disarankan untuk digunakan kecuali dalam keadaan yang mendesak. Ini dilakukan untuk menghindari risiko pinjol dan peneroran DC yang tiba di rumah klien.
Meskipun ada risiko yang akan dihadapi oleh nasabah pinjol jika mereka tidak membayar sesuai tenggat waktu, ada risiko tambahan yang harus mereka hadapi. Salah satunya adalah utang collector.
Salah satunya adalah bahwa nama nasabah Galbay harus dicatat di SLIK OJK atau Sistem Informasi Layanan Keuangan. Jika tidak, utang harus tetap dibayarkan karena sudah menjadi kewajiban nasabah pinjol.
Cara Pengajuan Keringanan atau Restrukturisasi Pinjol
1. Memberikan surat untuk mengajukan permohonan keringanan atau restrukturisasi pinjol
Jika Anda gagal membayar atau membayar pinjol dan tidak memiliki cukup uang untuk membayar tagihan, cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengajukan surat keringanan ke pinjol.
Selain itu, Anda dapat langsung menghubungi pihak DC yang menelpon dengan menjelaskan alasan permohonan keringanan. Agar DC tidak ketakutan dengan korespondensi Anda yang terus-menerus, beritahu mereka masalah Anda secara jujur.
2. Kelayakan klien akan dievaluasi oleh pihak pinjol.
Setelah klien memberikan surat keringan kepada perusahaan pinjol yang terkait, perusahaan pinjol akan memeriksa kelayakan klien.
Surat keringanan tidak akan diterima jika klien masih dalam kondisi layak bayar. Namun, jika kondisi yang disebutkan memang terjadi, klien mungkin akan diterima.
3. Jangan melakukan pinjol terlalu sering.
Jika pelanggan telat membayar tanpa mengkonfirmasi DC atau perusahaan pinjol, nama mereka biasanya akan tercatat di SLIK OJK. Akibatnya, pengajuan tidak akan diterima.
4. Tidak jauh dari tenggat waktu
Orang yang mendapatkan pinjaman online atau pinjol biasanya menerima keringanan dalam jangka waktu tertentu, biasanya hanya berminggu-minggu atau berbulan-bulan.
Jika pelanggan telah meminta keringanan pada bulan sebelumnya dan pembayaran tidak dilakukan sesuai jadwal, permintaan selanjutnya tidak akan diterima.
5. Gunakan nomor telepon yang dapat dihubungi.
Anda tidak perlu mematikan ponsel Anda jika Anda telat membayar. Karena itu, Anda harus mengunjungi DC jika ingin mengajukan keringanan pembayaran.
Salah satu poin atau faktor DC yang dapat diakses adalah melihat tanggung jawab nasabah sebagai peminjam, yang memungkinkan perusahaan pinjol untuk menerima pengajuan keringan.
Khususnya, ada peraturan khusus yang harus dipatuhi peminjam saat mengajukan pinjol legal OJK. Agar DC tidak takut dengan kontak usai galbay, perusahaan pinjol dapat mencoba menggunakan metode di atas.
Ini adalah informasi tentang proses pengajuan keringanan pinjol legal OJK terbaru tahun 2023, yang dijamin akan diterima, dan DC akan menghentikan teror kontak atau mendatangi rumah usai galbay.