Orang cerdas tidak akan beberkan hal yang bersifat pribadi dan tidak profesional. Dalam konteks lingkungan kerja, berbagi informasi tentang diri sendiri kepada rekan kerja bisa menjadi langkah yang bermanfaat jika dilakukan dengan bijak. Membangun hubungan profesional yang kuat seringkali memerlukan tingkat keterbukaan yang tepat.
Namun, orang yang bijak akan selalu berhati-hati dalam berbagi informasi, karena menyampaikan informasi yang salah atau tidak tepat hanya akan berdampak negatif pada karier mereka. Menurut sumber dari LinkedIn, berikut beberapa hal yang biasanya tidak diungkapkan oleh individu yang cerdas di lingkungan kerja.
Orang yang Cerdas Tidak Akan Beberkan 4 Hal Ini di Tempat Kerja!
Keyakinan Politik
Keyakinan politik seseorang sangat erat kaitannya dengan identitas mereka sehingga sulit untuk mendiskusikan hal ini tanpa membuat keributan di tempat kerja. Tidak ada hal yang lebih merendahkan bagi seseorang selain mengonfrontasi mengenai nilai atau prinsip dasar yang mereka yakini.
Memang, beberapa orang menyikapi topik mengenai politik dengan cara yang berbeda. Namun, menegaskan nilai-nilaimu dalam politik hanya akan membagi orang di sekitarmu menjadi dua golongan, sepakat atau tidak.
Lebih baik mendengarkan dan tidak memberikan kesepakatan maupun penolakan karena kedua tanggapan itu pun akan menimbulkan konflik. Menyetujuinya hanya akan mengundang pihak yang berbeda pendapat untuk mengonfrontasi, begitupun menolak yang hanya akan membuatmu dihakimi alih-alih dapat mengubah pemikiran mereka.
Ketidakkompetenan Rekan Kerja
Akan selalu ada orang yang tidak kompeten dalam sebuah lingkungan kerja dan biasanya semua orang sudah tahu siapa oknumnya tanpa perlu banyak bicara. Jadi, jika kamu tidak punya kuasa untuk membantu meningkatkan kinerja oknum tersebut atau memecatnya, kamu tidak mendapatkan manfaat apa pun dengan menyiarkan ketidakmampuan mereka.
Mengumumkan ketidakkompetenan rekanmu hanya akan terlihat sebagai upaya pengecut untuk membuatmu terlihat lebih baik. Sikap tidak berperasaan seperti itu hanya akan menjadi bumerang dalam bentuk opini negatif dari pekerja yang lain terhadapmu.
Besar Penghasilan
Anggota keluarga atau orang terdekat lainnya mungkin akan senang mendengar betapa banyak yang bisa kamu hasilkan dalam setiap harinya. Namun, membicarakan hal ini di lingkungan kerja hanya akan mengundang kabar negatif.
Tidak mungkin mengalokasikan gaji dengan adil bagi semua karyawan sehingga mengungkapkan gajimu sendiri hanya akan membuat satu sama lain saling membandingkan. Segera setelah jumlah gajimu terungkap, semua pekerjaanmu akan selalu dibandingkan dengan gajimu.
Kebencian terhadap Pekerjaanmu
Hal terakhir yang ingin didengar oleh semua kolegamu di kantor adalah betapa kamu membenci pekerjaanmu. Melakukan hal tersebut hanya akan membuatmu dilabeli sebagai seseorang yang negatif dan tidak bisa bekerja sama dengan tim.
Pada akhirnya hal ini akan menurunkan moral dari tim kerjamu. Atasan tentu akan jeli melihat siapa oknum yang membuat semangat kerja tim menjadi menurun dan tidak perlu waktu lama bagi mereka untuk mencari orang lain yang lebih antusias untuk menggantikan posisimu.