Jumat, 4 Juli 2025
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Cara Mudah Tingkatkan Daya Fokus Saat Bekerja

Cara mudah tingkatkan daya fokus saat bekerja bisa untuk kamu terapkan. Mempertahankan fokus dan konsentrasi saat melakukan kegiatan seperti belajar, membaca, atau menyelesaikan tugas penting merupakan tantangan yang tidak selalu mudah. Hal ini memerlukan latihan, suasana yang kondusif, dan lingkungan yang mendukung. Dengan pemahaman tersebut, kami telah merangkum enam cara untuk meningkatkan daya fokus yang dapat kamu terapkan ketika sedang belajar atau bekerja.

Cara Mudah Tingkatkan Daya Fokus Saat Bekerja

1. Hilangkan Gangguan

Dilansir dari BetterUp, tentunya kamu perlu menghindari gangguan. Misalnya, menjauh dari area yang berisik, tidak ikut mengobrol saat teman kerja atau kuliahmu sedang mengobrol hal di luar mata kuliah atau pekerjaan.

 

2. Hindari Multitasking

Mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu dapat membuatmu merasa produktif. Namun, hal ini dapat mengurangi fokus dan konsentrasimu. Kamu jadi tidak tahu mau memprioritaskan yang mana dulu. Jadi, lebih baik bila kamu membuat skala prioritas terlebih dahulu lalu selesaikan satu per satu.

 

3. Mendengarkan Musik

Cobalah mendengarkan musik yang dapat meningkatkan fokusmu, yaitu musik instrumental yang tidak ada liriknya, atau yang liriknya berbahasa asing agar kamu tidak terpengaruh untuk menyimak liriknya atau ikut menyanyikannya. Kamu bisa memilih musik klasik atau suara alam seperti suara air terjun, hujan, dan kicauan burung untuk membantumu lebih berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu.

 

4. Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

Carilah ruang khusus yang jauh dari kebisingan dan sudah pasti suasananya tenang dan pas untuk dijadikan tempat bekerja. Rancang ruangan itu senyaman mungkin. Bersihkan dan rapikan meja serta perabot yang ada di dalamnya, dan usahakan ruangan itu selalu sejuk dan membuatmu betah untuk bekerja seharian di sana.

 

5. Gunakan Pengatur Waktu

Cara Mudah Tingkatkan Daya Fokus Saat Bekerja

Latihlah otakmu untuk bekerja dengan tenggat waktu, yaitu dengan mengatur berapa menit waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Lalu, berkonsentrasilah untuk hanya mengerjakan tugas tersebut.  Teknik ini dipercaya efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan kecepatanmu dalam bekerja.

 

6. Hindari Notifikasi HP

Cara Mudah Tingkatkan Daya Fokus Saat Bekerja

Mengutip Medical News Today, notifikasi di HP yang berasal dari aplikasi chat atau media sosial dapat mengalihkan perhatianmu sehingga memecah konsentrasimu. Maka dari itu, ada baiknya bila kamu mematikan HP-mu sejenak hingga tugasmu selesai mengaturnya dengan mode “silent”, atau menyimpannya di tempat yang jauh dari jangkauanmu untuk sementara waktu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles