Kamis, 14 Agustus 2025
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Kapan Pesawat Sudah Waktunya Service dan Masuk Bengkel?

Kapan pesawat sudah waktunya service dan masuk bengkel? Pertanyaan tersebut mungkin pernah terlintas di pikiran Sobat Riang. Pesawat adalah salah satu moda transportasi yang banyak oleh masyarakat gunakan untuk bepergian. Apalagi untuk Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau, pesawat bisa menjadi andalan untuk memangkas waktu perjalanan.

Dalam operasionalnya, pesawat membutuhkan perawatan dan perbaikan berkala dan rutin guna menjaga kelaikannya terbang. Perawatan dan perbaikan pesawat atau biasa menyebutnya maintenance, repair, and overhaul (MRO) itu biasa melakukannya di bengkel pesawat.

Salah satu bengkel pesawat di Indonesia adalah Batam Aero Technic (BAT) yang berada di bawah Lion Air Group. Lokasinya berada di Batam, Kepulauan Riau. Menurut penjelasan dari Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, pesawat masuk ke bengkel berdasarkan jadwal perawatan yang sudah ditentukan.

“Jadwal ini mencakup interval waktu, jam terbang, atau jumlah pergerakan (lepas landas dan mendarat) yang harus dipenuhi oleh pesawat udara sebelum masuk bengkel,” ungkap Danang dalam keterangannya kepada detikTravel, Jumat (16/2/2024).

Batam Aero Technic (BAT) menjalankan proses MRO tersebut secara transparan dan kepatuhan terhadap standar internasional. Perbaikan pesawat akan dilakukan secara cermat, serta berdasarkan rekomendasi produsen pesawat, regulator penerbangan dan maskapai oleh para teknisi berpengalaman.

Kapan Pesawat Sudah Waktunya Service dan Masuk Bengkel?

1. Perawatan Pesawat Ringan

Melakukan perawatan ini dalam interval kurang lebih setiap 250-1.500 jam terbang (flight hours) atau 200-750 siklus terbang (flight cycle). Perawatan ini membutuhkan kurang lebih 12-50 jam kerja dalam pengerjaannya.

2. Perawatan Pesawat Sedang

Melakukan erawatan ini dalam interval setiap 5 – 6 bulan, tergantung jenis pesawat. Pemeriksaan ini membutuhkan sekitar 1.500-1.700 jam kerja dan umumnya di hanggar.

3. Perawatan Pesawat Berat

Melakukan perawatan ini dalam interval berbeda-beda tiap tipe pesawat. Kurang lebih melakukannya setiap 15-36 bulan atau 4.000-12.000 jam terbang. Pemeriksaan ini membutuhkan sekitar 1.000-2.000 jam kerja dan umumnya di hanggar. Pada pemeriksaan ini, pesawat akan membongkar sebagian besar komponennya untuk memeriksa dan memperbaikinya.

4. Perawatan Pesawat Overhaul

Perawatan jenis ini dalam interval setiap 8-10 tahun atau 24.000-30.000 jam terbang, tergantung jenis pesawat. Pemeriksaan ini membutuhkan sekitar 3.000-6.000 jam kerja dan umumnya di hanggar khusus. Pada pemeriksaan ini, pesawat terbang akan membongkar seluruhnya untuk memeriksa bagian strukturnya, component, dan system serta akan memperbaiki jika menemukan kerusakan atau malfungsi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles