Ada banyak standar yang dapat menentukan kepribadian seseorang, mulai dari gaya pakaian, riasan, hingga rambut. Namun, selain pakaian, rambut, dan riasan yang rapi, bau tubuh seseorang juga dapat menunjukkan watak mereka.
Dengan demikian, tidak mengherankan jika banyak orang berusaha menemukan wangi yang dapat digunakan untuk mewakili dirinya. Menurut In Style, panduan ahli berikut akan membuat pencarian wewangian yang sesuai dengan citra diri Anda menjadi lebih mudah!
1. Mengenal Jenis-jenis Aroma
Sebelum mulai membeli aroma parfum yang sesuai ciri khasmu, kamu harus terlebih dahulu memahami perbedaan antara masing-masing jenis bebauan itu, misalnya floral, fresh, woody, dan sebagainya.
Beberapa jenis parfum memang mencampurkan lebih dari satu jenis bebauan, tetapi mengetahui kecenderungan jenis bebauan yang kamu sukai dapat dengan mudah mempersempit area pencarian parfum yang sesuai keinginanmu.
Wewangian jenis floral cenderung lebih feminin dan dewasa, jenis spicy cenderung lebih menggoda dan menarik perhatian, woody cenderung maskulin, dan aroma fresh cenderung asam dan lebih ringan dibandingkan lainnya.
2. Mempertimbangkan Tren
Tren adalah petunjuk yang bisa membantumu untuk menemukan apa yang sedang banyak dicari dan disukai oleh orang lain, tetapi kamu harus tetap memercayai insting sendiri. Jadi, jangan biarkan keviralan sesuatu mengaburkan penilaianmu!
3. Mencobanya
Parfum bisa mengeluarkan aroma yang berbeda pada masing-masing orang karena adanya reaksi kimia unik dengan kulit. Jadi, aroma yang kamu cium di kertas sample tidak bisa dijadikan acuan pasti.
Sebelum kamu membeli parfum berukuran besar, gunakan sample atau ukuran travel size selama kurang lebih seminggu untuk melihat reaksi dari parfum tersebut dari hari ke hari. Parfum adalah produk kecantikan yang berharga mahal, jadi kamu harus memastikan bahwa investasimu itu tidak akan terbuang sia-sia hanya karena tidak mau melalui proses trial and error.
4. Pertimbangkan Efek yang Ingin Kamu Picu
Saat mencoba mencari aroma parfum yang sesuai dengan ciri khasmu, pertimbangkan efek atau citra diri yang ingin kamu tunjukkan lewat wewangian itu. Jadi, bisa dibilang bahwa parfum tersebut adalah pesan untuk merepresentasikan dirimu kepada orang lain, entah itu sebagai sosok dengan kesan ceria atau dengan citra yang seksi.
5. Perhitungkan Daya Tahan Wanginya
Saat kamu mencari jenis parfum di gerai-gerai kosmetik atau swalayan, kamu akan menemukan berbagai jenis wewangian, seperti eau de parfum, eau de toilette, dan sebagainya. Jenis-jenis parfum itu didasari pada konsentrasi aromanya yang berkaitan dengan ketahanan serta harganya.
Eau fraiche memiliki 1 hingga 3 persen konsentrasi parfum dan biasanya bertahan kurang dari 1 jam; eau de cologne memiliki 2 hingga 6 persen konsentrasi parfum dan bertahan hingga 2 jam; eau de toilette memiliki 5 hingga 15 persen konsentrasi parfum dan bertahan hingga 3 jam, eau de parfum yang menjadi standar parfum beraroma kuat mengandung 15 hingga 20 persen konsentrasi minyak wangi dan bisa bertahan selama 5 hingga 8 jam.
Yang terakhir adalah parfum murni yang punya kandungan 15 hingga 40 persen dan bisa bertahan hingga 24 jam.