Cara mengelola stres orang dengan kecerdasan emosional tinggi ini penting untuk kita pahami. Merasakan stres di tempat kerja adalah hal yang wajar dan sering dialami oleh banyak orang. Berbagai faktor seperti semakin banyaknya tugas, lingkungan kerja yang tidak nyaman, tekanan dari atasan, hingga kondisi pribadi yang tidak stabil, bisa menjadi penyebab utama stres di tempat kerja. Namun, orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi biasanya memiliki cara-cara efektif untuk mengelola stres yang datang.
Kandi Wiens, Direktur Program Magister Pendidikan Kedokteran di Universitas Pennsylvania, menjelaskan bahwa kecerdasan emosional yang tinggi dapat membantu seseorang dalam mengelola stres dan mengurangi kelelahan. Bahkan, penelitian selama beberapa dekade menunjukkan bahwa kecerdasan emosional adalah salah satu prediktor terbesar untuk kesuksesan di tempat kerja.
Untuk mengelola stres kerjaan dengan efektif, penting untuk menerapkan berbagai strategi seperti mengatur waktu dengan baik. Mencari dukungan dari atasan atau rekan kerja, dan mengembangkan teknik relaksasi seperti meditasi atau olahraga.
Lalu, bagaimana cara orang yang cerdas emosional mengatasi stres di tempat kerja? Simak tipsnya di bawah ini!
Cara Mengelola Stres Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi
1. Mengenali Pemicu Stres

Hal pertama yang dilakukannya pertama adalah kesadaran diri. Orang dengan kecerdasan emosional tinggi memiliki kesadaran diri untuk memahami apa yang menjadi pemicu stres di tempat kerja dan alasannya.
2. Mengenali dan Menerima Emosi Negatif

Setelah mengenali dan memahaminya, ia akan menerima pikiran dan emosi negatif tersebut. Selanjutnya, ia akan mencari cara agar sampai pada keadaan tenang dan kepala dingin. Bahkan, saat stres tersebut meningkat.
3. Memotivasi Diri Sendiri

Melansir CNBC, cara terakhir yang dilakukannya untuk mengelola stres adalah memotivasi diri sendiri. Orang yang memiliki EQ tinggi percaya bahwa bisa menangani situasi dan tuntutan stres, ia pun tahu cara membangkitkan motivasi untuk menyelesaikan tugas atau mengubah suasana hati dari negatif ke positif.
Dengan pendekatan yang tepat, stres kerjaan dapat terkelola dengan lebih baik, membantu menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat dan produktif. Nah, itu dia sederet cara mengelola stres yang orang dengan kecerdasan emosional tinggi lakukan. Kamu juga perlu sontek ya!