By using this site, you agree to the Privacy Policy and Terms of Use.
Accept
Ruangriang.co.idRuangriang.co.idRuangriang.co.id
  • Beranda
  • Fashion
  • Finance
  • Food
  • Health
  • Hiburan
  • Travel
  • Work and Money
  • Zodiak
Search
© 2021 Ruangriang.co.id. All Rights Reserved.
Reading: Diet Soda Dapat Memicu Risiko Penyakit Jantung
Share
Notification Show More
Font ResizerAa
Ruangriang.co.idRuangriang.co.id
Font ResizerAa
Search
Follow US
© 2021 ruangriang.co.id. All Rights Reserved.

Diet Soda Dapat Memicu Risiko Penyakit Jantung

Nisrina
Last updated: 2024/03/19 at 10:03 AM
Nisrina
Share
2 Min Read
Diet Soda Dapat Memicu Risiko Penyakit Jantung
Credit: Pinterest/ActitudFem
SHARE

Diet soda dapat memicu risiko penyakit jantung dan tidak selamanya sehat. Minum dua liter atau lebih minuman berpemanis per minggu ditemukan dapat meningkatkan risiko detak jantung tidak teratur atau fibrilasi atrium hingga 20 persen. Simpulan ini ditemukan dalam sebuah studi yang diterbitkan pada Selasa (12/3) lalu.

Secara khusus, para peneliti menyebutkan bahwa jumlah di atas setara dengan minum satu kaleng minuman soda setiap hari selama seminggu. Fibrilasi atrium sendiri merupakan kondisi saat detak jantung tidak teratur. Orang yang mengalami akan merasakan jantung berdebar-debar tak beraturan.

Diet Soda Dapat Memicu Risiko Penyakit Jantung

Penelitian yang terbit di jurnal Circulation: Arrhythmia and Electrophysiology ini menganalisis data hampir 202 ribu orang yang berpartisipasi dalam data biomedis UK Biobank. Para peneliti mengikuti peserta rata-rata selama 10 tahun. Peserta yang terlibat berusia 37-73 tahun, dengan separuhnya merupakan perempuan.

“Berdasarkan temuan ini, kami merekomendasikan agar masyarakat mengurangi atau bahkan menghindari minuman berpemanis buatan bila memungkinkan,” ujar pemimpin studi Ningjian Wang, dalam sebuah pernyataan, melansir CNN.

Ia mengingatkan masyarakat untuk tidak merasa ‘aman’ begitu saja dengan minuman berpemanis buatan yang terklaim rendah gula, seperti soda diet. “Itu [minuman manis rendah kalori] bisa menimbulkan potensi risiko kesehatan,” ujar Wang.

Ahli nutrisi Profesor Penny Kris-Etherton dari Pennsylvania State University mengatakan bahwa studi tersebut merupakan penelitian pertama yang mencari hubungan antara minuman berpemanis tinggi dan rendah kalori dengan risiko penyakit jantung, utamanya fibrilasi atrium. Kris-Etherton tidak terlibat dalam penelitian ini.

Namun demikian, Kris-Etherton mengatakan bahwa masih membutuhkan penelitian lain untuk memastikan hal tersebut.

“Sementara itu, air putih adalah pilihan terbaik. Dan, berdasarkan penelitian ini, minuman manis rendah kalori juga tetap harus membatasinya atau menghindarinya,” ujarnya.

You Might Also Like

bank bjb Dukung dan Sukseskan Gelaran Penarikan Undian Simpeda di Kota Pontianak

bank bjb Raih Katadata Green Initiative Awards 2024

Usap Pantat Domba Bisa Bantu Hilangkan Stres, Tren di China!

Deretan Atlet Palestina yang Berjuang di Olimpiade Paris 2024

Kisah Menyedihkan Festival Qixi, Valentine Penduduk China

SOURCES: CNN
Nisrina Maret 19, 2024 Maret 19, 2024
Share This Article
Facebook Twitter Whatsapp Whatsapp Telegram Copy Link Print
Share
Previous Article 7 Manfaat Jalan Kaki Sore Bagi Kesehatan, Yuk Mulai Lakukan! 7 Manfaat Jalan Kaki Sore Bagi Kesehatan, Yuk Mulai Lakukan!
Next Article 7 Buah Terbaik untuk Sahur, Enak dan Bikin Kenyang Seharian 7 Buah Terbaik untuk Sahur, Enak dan Bikin Kenyang Seharian
Leave a comment Leave a comment

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tetap Terhubung

Facebook Like
Instagram Follow
- Advertisement -

Berita Terbaru

simpeda
bank bjb Dukung dan Sukseskan Gelaran Penarikan Undian Simpeda di Kota Pontianak
Finance Agustus 9, 2024
Katadata Green Initiative Awards 2024
bank bjb Raih Katadata Green Initiative Awards 2024
Finance Agustus 9, 2024
Usap Pantat Domba Bisa Bantu Hilangkan Stres, Tren di China!
Usap Pantat Domba Bisa Bantu Hilangkan Stres, Tren di China!
Health Juli 31, 2024
Deretan Atlet Palestina yang Berjuang di Olimpiade Paris 2024
Deretan Atlet Palestina yang Berjuang di Olimpiade Paris 2024
Hiburan Juli 31, 2024

Ruangriang.com merupakan portal berita masa kini yang membahas tentang lifestyle dan berita terupdate

Social Media

Facebook Like
Twitter Follow
Instagram Follow
Ruangriang.co.idRuangriang.co.id
Follow US
© 2020 Ruangriang.co.id. All Rights Reserved.
Welcome Back!

Sign in to your account

Lost your password?