Baki, seperti sandaran kursi, ada di setiap kabin pesawat. Melipatnya saat lepas landas dan mendarat adalah fitur standar penerbangan. Untuk alasan keselamatan, baki harus dikunci selama dua fase penerbangan tersebut, terlepas dari kenyataan bahwa Anda harus membawa ponsel Anda di tangan atau mengemas laptop Anda lebih awal.
Seorang CEO Admiral Jet, David Doughty, menyatakan bahwa pesawat dapat mengalami perubahan tiba-tiba seperti turbulensi atau bahkan lepas landas yang dibatalkan. Karena benda-benda di dalam meja baki dapat terbang dan menjadi berbahaya jika dibiarkan terbuka dan turun. “Jadi, untuk mencegah benda apa pun menjadi bahaya, penting untuk menyimpan dan mengunci meja baki dalam posisi tegak lurus,” katanya.
Selain itu, meja baki harus disimpan agar penumpang dapat bergerak bebas. Steve Daniel, seorang pramugari dari Montreal, mengatakan, “Dalam keadaan darurat yang tidak mungkin terjadi, Anda harus dapat keluar dari kursi Anda dengan cepat dan keluar tanpa terhalang oleh meja nampan. Ini juga mengapa kami selalu meminta agar tas Anda disimpan sepenuhnya di bawah kursi di depan Anda.” Setiap detik berharga dalam situasi penting, meskipun tampak kecil.
Seperti yang ditunjukkan dalam pamflet keselamatan di saku belakang kursi penumpang, penurunan baki juga dapat mencegah penumpang di kursi yang menghadap ke depan mengambil posisi penahan yang tepat untuk benturan.
Dua fase penerbangan
Ada juga alasan mengapa baki harus disimpan saat lepas landas dan mendarat, khususnya. “Lepas landas dan mendarat adalah dua fase penerbangan dengan kemungkinan kejadian tak terduga tertinggi,” kata mantan pilot Hans Mast, sekarang menjadi agen perjalanan dengan Golden Rule Travel.
Baik Boeing dan Airbus, dua produsen pesawat terbesar di dunia, merilis studi reguler tentang kecelakaan penerbangan. Menurut laporan terbaru Boeing, yang mencakup tahun 2011 hingga 2021, sekitar 67 persen kecelakaan fatal yang melibatkan pesawat Boeing di seluruh dunia terjadi selama lepas landas, mendaki, pendekatan akhir, dan mendarat.
Demikian pula, Airbus melaporkan bahwa sekitar 75 persen kecelakaan di seluruh dunia yang melibatkan pesawat Airbus antara tahun 2002 dan 2022, baik fatal maupun non-fatal, terjadi selama lepas landas, mendekat, atau mendarat.
Sebab itu, Administrasi Penerbangan Federal, yang mengatur perjalanan udara Amerika Serikat, telah menulis undang-undang bahwa meja baki kursi belakang harus disimpan untuk lepas landas dan mendarat. “Keselamatan selalu didahulukan dalam penerbangan, dan tindakan pencegahan ini merupakan bagian dari pendekatan luas untuk meminimalkan risiko,” kata Mast.