Menurut Cindy Nyoto Gunawan, salah satu pendiri jenama kosmetik dan perawatan kulit wajah Rosé All Day Cosmetics (RADC), sebagian orang suka berbelanja saat merek atau perusahaan produk tertentu melakukan siaran langsung atau live streaming.
Dalam Webinar Seller Story 7.7 Shopee Live Bombastis Sale yang diadakan pada hari Rabu, dia menyatakan, “Orang lebih suka live shopping di mana ada orang yang jawab pertanyaan mereka live.”
Saat menonton siaran langsung, orang juga cenderung lebih lama berpikir sebelum membeli produk yang mereka lihat, menurut Cindy.
Mungkin ada waktu untuk menjawab melalui email, WhatsApp, atau media sosial. Tetapi kalau live, mereka tanya, konsultasi, live streamer-nya akan jawab pertanyaan, orang itu suka. Dia menyatakan bahwa mereka berpikir mereka akan melakukan check-out segera.
Cindy adalah salah satu orang yang menyaksikan kenaikan penjualan produk perusahaannya melalui sistem live streaming ini, tetapi dia tidak menyebutkan berapa banyak penjualan yang dimaksud.
Melihat fakta ini, sejak awal tahun 2023, dia dan timnya, yang bergabung dengan e-commerce Shopee sejak 2018, bekerja sebagai presenter khusus untuk siaran langsung atau streamer live internal.
Penyebar langsung di rumah yang benar-benar melakukan streaming langsung di kantor. Targetnya adalah untuk menyediakan penjualan langsung sepanjang hari. “Sekarang masih jam kerja,” kata dia, yang berkomitmen untuk membuat acara baru selama siaran langsung.
Diskon dan promosi, seperti penjualan flash saat live streaming, biasanya tidak sama dengan yang dijual di toko luar.
Kemudian, Cindy menyebut skincare, concealer, maskara, dan bibir sebagai barang yang paling banyak dibeli selama acara live streaming.