Jakarta – Bagi kamu yang mempunyai usaha, tentu ingin produk yang dijual bisa laris manis dan lebih dikenal luas oleh publik. Salah satu cara yang kini sedang tren dilakukan oleh pelaku usaha untuk menjual produknya adalah dengan live streaming di media sosial dan ecommerce seperti Shopee dan TikTok. Bagaimana cara live streaming jualan di TikTok agar laris?
Jualan dengan cara live streaming membuat produsen bisa berinteraksi secara langsung dengan pelanggannya di berbagai plaform media sosial. Berjualan secara live streaming lebih efisien dan mendapatkan cuan.
Bgaimana caranya agar raih cuan saat live streaming? Menurut Desey Muharlina sebagai Fashion Category Lead TikTok Indonesia, ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan saat ingin memulai berjualan melalui live streaming.
Berikut 10 cara live streaming jualan di TikTok:
1. Pemandu Live streaming
Desey menjelaskan host atau pemandu live streaming merupakan faktor paling penting. Kunci untuk membuat kualitas live streaming menjadi lebih menarik ada pada pemandunya.
“Jadi dari product knowledge, bagaimana pemandu membawa live streaming, sejauh mana bisa engegage dengan audience,” kata Desey Meharlina dalam acara Modestalk, Jakarta Modest Summit 2023, The Rising of the Livestreaming Business Activation, Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (26/1/2023).
2. Ruangan Live Streaming
Kualitas ruangan pada saat live streaming juga penting dan kamu perhatikan. Desey menuturkan usahakan ruangan live streaming tidak berisik dan terkena polusi suara agar tidak menganggu jalannya siaran langsung saat berjualan.
3. Bantuan Teknologi dan SDM
Cara live streaming jualan di TikTok agar laris adalah dengan dukungan teknologi dan SDM lainnya. Ketika live streaming kamu membutuhkan orang lain agar tidak ribet saat ingin berjualan. Orang lain ini membantu mengoperasikan jalannya live streaming, seperti memerhatikan kamera. Selain itu tambahan teknologi lainnya bisa membantu jalannya live streaming. Gunakan kamera berkualitas baik dan pencahayaan yang maksimal agar gambar live streaming yang dihasilkan tidak buram.
4. Produk yang Dijual
Saat jualan via live streaming kamu wajib memperhatikan produk yang akan dijual. Karena walaupun berbagai poin di atas sudah mendukung tapi kalau produknya kurang sesuai style atau kurang matching dengan audience, harga tidak cocok dengan barangnya itu, maka produk jualan kamu sulit untuk berkembang.
5. Durasi Live Streaming
Cara live streaming jualan di TikTok agar laris, Desey dari TikTok Indonesia menjelaskan semakin sering dan panjang durasi live streaming, semakin bagus algoritmanya, sehingga meningkatkan organik traffic di live streaming selanjutnya. Jadi jangan ragu untuk mencoba melakukan live streaming dengan durasi yang panjang.
6. Informasi Cara Order
Desey juga memberikan saran bagi para seller atau penjual untuk membuat video singkat yang menjelaskan tentang informasi cara memesan atau order agar pelanggan baru tidak bingung.
“Edukasi yang mereka share untuk audience atau pengikutnya untuk memperlihatkan cara belanja di TikTok dan mempersingkat waktu,” jelasnya.
7. Penjual dan Kreator Bisa Kerjasama
Jualan lewat live streaming, terkesan mudah. Namun ketika dijalani tidak semulus yang dibayangkan. Butuh tenaga dan waktu yang ekstra. Desey menambahkan di TikTok penjual bisa bekerja sama dengan konten kreator.
“Kita membangun ekosistem itu terdiri dari seller, para kreator, agency partner dan grup yang menaungi kreatof. Afiliate program itu bagaimana meng-connect seller dengan para kreator. Bahwa ada seller center dan ada pasar creator dan melihat para creator yang ada di TikTok, kira-kira cocok apa tidak dengan seller. Kalau cocok bisa menjalin kerja sama. TikTok sama sekali tidak mengambil profit karena hanya membuat ekosistem yang membuat kerja sama. Pembayarannya bisa negosiasi langsung dengan seller dan kreatornya,” tutur Desey.
8. Pasang Iklan
Pemasangan iklan live streaming bisa meningkatkan penjualan dan membuat produk kamu semakin laris. Iklan ini menurut Desey bukan sebagai obat tapi vitamin dari live streaming kamu. Desey menyarankan pasang iklan jika kamu sudah memiliki kualitas live streaming jualan yang bagus.
9. Ubah Pola Jam dan Durasi Live Streaming
Jangan bosan mencoba terus mengubah pola atau jam untuk live streaming. Atau melakukan pergantian hari untuk live streaming. Menurut Andesni sebagai pemilik Lozy Hijab, pemandu live streaming bisa mengeksplorasi jam dan durasi live streaming dan melakukan evaluasi.
10. Monitoring Data
Cara live streaming jualan di TikTok agar laris berikutnya, Andesni menyebutkan penting untuk melihat data analisis usai mengadakan live streaming.
“Selain tools dan SDM dilengkapi lihat report atau data dari hasil live streaming. Check nilai shop experiencenya, tim mana yang harus diimprove lagi, nilai angka chat yang dibalas, divisi lainnya ada yang mengalami kesulitan atau tidak,” pungkasnya.