Mengingat rutinitas yang padat dan sibuk di tempat kerja, hampir semua pekerja pasti pernah mengalami stres kerja. Stres ini dapat meningkat jika tidak ditangani segera karena pekerjaan ini dapat menyebabkan banyak masalah yang merugikan perusahaan.
Mencegah stres saat bekerja dengan cara yang tepat, sebaliknya, dapat membantu meningkatkan produktivitas, meningkatkan hubungan antar rekan kerja, dan meningkatkan kinerja tim.
Menurut Health, Anda dapat mengatasi tekanan pekerjaan bahkan tanpa meninggalkan pekerjaan Anda! Berikut ulasannya.
1. Mengonsumsi Makanan Favorit saat Makan Siang
Oleh karena itu, alih-alih memakan semangkuk penuh sayuran atau beberapa potong roti lapis saja, cobalah untuk membuat menu makan di pertengahan hari ini lebih bergizi. Kamu bisa membawa bekal atau memesan makanan favorit yang sarat dengan protein dan karbohidrat kompleks sehingga suasana hati dan energimu menjadi lebih baik di sisa hari itu.
2. Mengunjungi Situs Lucu
Kamu juga bisa mengatasi stres di tempat kerja dengan cara mencari video binatang lucu yang sedang viral atau video stand up comedy di YouTube yang tidak sempat kamu tonton pada akhir pekan.
Tertawa dapat membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang bisa membuatmu merasa nyaman, santai, dan lebih berenergi. Selain menonton atau membaca hal yang lucu, kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan rekan kerja dan berbagi cerita lucu dengannya.
3. Menenangkan Diri dengan Aroma Minyak Esensial
4. Membereskan dan Menata Ulang Meja Kerja
Lingkungan kerja, termasuk meja kerja, yang berantakan dapat meningkatkan tekanan dan kecemasan yang kamu rasakan ketika bekerja. Oleh karena itu, gunakanlah sedikit waktu setiap minggu untuk merapikan meja kerjamu dan menghiasinya dengan foto keluarga atau binatang peliharaan, kerajinan tangan yang bisa menyemangatimu, atau tulisan-tulisan indah yang bisa menginspirasimu.