Mungkin sulit bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan baru setelah meninggalkan kantor saat ini. Namun, jika Anda diberi kesempatan untuk bekerja di tempat baru dengan gaji dan fasilitas yang lebih menguntungkan, pastikan untuk mempersiapkan beberapa hal ini sebelum meninggalkan pekerjaan, ya, sayang!
Sebelum mengundurkan diri ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Cara ini sangat efektif untuk menghindari penyesalan di kemudian hari.
Apa yang harus diperhatikan saat ingin meninggalkan pekerjaan? Sebagaimana dilaporkan oleh Indeed, lima hal berikut harus Anda persiapkan sebelum meninggalkan posisi Anda yang lama.
1. Evaluasi Sebelum Membuat Keputusan
Langkah pertama sebelum kamu menyerahkan surat pengunduran diri ke atasan, lakukanlah evaluasi terlebih dahulu terkait opsi untuk pekerjaan baru kamu. Pahami juga apa yang menjadikan kebutuhan kamu untuk resign dan mendapatkan kesempatan di kantor baru nanti. Dengan mengevaluasi pilihan kamu, ini akan membantu untuk meningkatkan percaya diri dalam mengambil keputusan.
2. Buat Dokumentasi Pencapaian Karier
Selanjutnya, buatlah dokumentasi pencapaian karier meliputi tugas, sertifikasi, hingga penghargaan yang kamu raih selama bekerja di kantor kamu. Dengan begitu, kamu akan lebih percaya diri saat pindah ke pekerjaan baru. Dari pencapaian tersebut, ini bisa meningkatkan resume agar diri kamu terlihat lebih kompeten.
3. Mintalah Rekomendasi dari Rekan Kerja
Ada beberapa perusahaan, kamu mungkin memerlukan rekomendasi profesional atas keahlian pekerjaan kamu. Biasanya ini juga akan diminta oleh perusahaan selanjutnya saat kamu mendapatkan pekerjaan baru. Kamu bisa memintanya melalui kolega seperti atasan, rekan kerja, atau divisi HR.
4. Ikuti Prosedur Pengunduran Diri
Setiap perusahaan menetapkan kebijakan aturan yang berbeda-beda jika karyawannya akan resign. Contohnya seperti memberikan surat pengunduran diri 30 hari sebelum kamu akan keluar. Hal ini biasanya diperlukan agar perusahaan bisa mencari kandidat baru untuk menggantikan posisimu.
5. Beri Ucapan Terima Kasih
Jika kamu sudah bersiap untuk resign dari pekerjaan, jangan lupa untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada rekan kerja termasuk atasan kamu. Terlebih jika mereka sudah membantu kamu agar tumbuh menjadi seorang profesional. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kesan yang positif meski sudah bekerja di tempat yang baru.
Itulah 5 hal yang wajib kamu persiapkan sebelum resign. Cara ini sangat membantu terutama buat kamu yang masih bingung mempersiapkan diri untuk resign. Pastikan kamu bisa memberikan kesan yang baik, ya.