Jika Anda menjadi tamu di hotel, Anda pasti ingin mendapatkan fasilitas terbaik. Sebagai tamu, Anda berhak menerima pelayanan yang baik dari hotel, termasuk semua fasilitas yang mereka tawarkan.
Pengalaman menginap menjadi lebih baik jika hotel memberikan fasilitas terbaik untuk pengunjung. Baik hotel bintang satu atau bintang lima, fasilitasnya harus membuat tamu nyaman saat mereka beristirahat dari aktivitas, baik sedang liburan atau untuk urusan bisnis.
Nah, ternyata terdapat fasilitas wajib yang mesti disediakan oleh pihak hotel kepada tamu, yang jumlah ada 8. Manajemen hotel wajib menyediakannya kepada para tamu.
Semakin mahal biaya menginap di sebuah hotel, maka fasilitas yang disediakan untuk tamu pun mesti lebih lengkap dan memuaskan. Apa saja 8 fasilitas yang wajib disediakan hotel, berikut daftarnya seperti dikutip dari Luxcity.
1. Kebersihan
Kebersihan merupakan fasilitas wajib yang disediakan hotel kepada tamu. Ketika tamu menemukan banyak sampah di hotel, itu akan jadi pengalaman buruk dan tamu tentu tidak akan datang kembali ke hotel itu.
Selain bersih, kamar hotel juga harus wangi, nyaman, dan siap digunakan oleh tamu yang baru. Kamar yang bersih dapat memengaruhi mood tamu yang menginap.
2. Layanan Housekeeping
Layanan housekeeping wajib lho dimiliki oleh setiap hotel. Fungsinya menjaga kebersihan seluruh kamar hotel, agar para tamu merasa nyaman. Para tamu yang menginap selama dua malam atau lebih biasanya dapat menggunakan layanan housekeeping.
3. Peralatan Mandi
Saat ini, nyaris semua hotel telah memiliki peralatan mandi yang disediakan untuk tamu. Peralatan mandi itu mulai dari sabun, shampoo, sikat gigi, pasta gigi, sampai sisir. Meski banyak tamu yang membawa peralatan mandinya sendiri, pihak hotel tetap wajib menyediakannya di setiap kamar.
4. Air Mineral
Pihak hotel juga mesti menyediakan air mineral untuk para tamu yang menginap. Di dalam kamar hotel biasanya telah disediakan 2 botol air mineral secara gratis untuk tamu yang menginap. Ada pula hotel yang memilih menyediakan dispenser air di sekitar lorong atau dekat lobi, sehingga tamu dapat mengisi air minum.
5. Telepon
Unit telepon menjadi fasilitas yang harus disediakan hotel di setiap kamar. Telepon berfungsi untuk para tamu yang menginap menghubungi resepsionis ketika perlu bantuan. Telepon di kamar hotel juga bisa dipakai tamu untuk menghubungi ponsel atau telepon rumah di luar hotel, tapi untuk ini, ada biaya yang harus dikeluarkan jika tamu memanfaatkannya.
6. Wi-Fi
Di masa sekarang, fasilitas Wi-Fi jadi sesuatu yang mesti dimiliki hotel demi memanjakan tamu yang menginap. Sebab, tamu hotel tentu butuh untuk internetan dan koneksi Wi-Fi yang kencang dan stabil akan membuat para tamu terpuaskan.
7. Tempat Parkir
Pihak hotel wajib menyediakan tempat parkir untuk para tamu yang membawa kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Tempat parkir hotel sebaiknya luas dan mudah diakses oleh para tamu.
8. Kursi Roda
Tamu hotel beragam, tidak terkecuali penyandang disabilitas. Hal ini membuat pihak hotel wajib menyediakan fasilitas yang memudahkan penyandang disabilitas seperti kursi roda, yang dapat membantu kegiatan tamu tersebut selama menginap.