Perusahaan biasanya memiliki media sosial untuk tujuan branding. Di perusahaan besar, ini kadang-kadang dipegang oleh dua orang—social media manager dan community manager.
Apakah kamu bingung tentang alasan mengapa jenis pekerjaan ini dipisahkan dan apa perbedaan antara keduanya? Tidak perlu khawatir, kami telah mengumpulkan informasi ini dari Sprout Social, The Muse, dan Social Media Today.
1. Tanggung Jawab
Sejujurnya, Community Manager (CM) dan Social Media Manager (SM) digabungkan di beberapa organisasi. Akan tetapi, jika hanya dipegang oleh satu orang, tanggung jawabnya akan sangat besar dan berat. Pada akhirnya, peran keduanya akan terpecah.
Inilah yang membedakan tanggung jawab yang diberikan kepada masing-masing pekerjaan.
SM bertanggung jawab atas akun media sosial perusahaan. Ia diharuskan untuk membuat konten di sana yang sesuai dengan branding perusahaan. Dengan demikian, SM berfungsi sebagai representasi perusahaan kepada audiens.
Pada saat yang sama, CM bertindak atas nama perusahaan dengan berinteraksi dengan audiens melalui media sosial.
SM fokus pada apa yang ingin dikatakan perusahaan, sedangkan CM fokus pada berinteraksi dengan audiensnya.
2. Skill yang Dibutuhkan
Meskipun beririsan, kamu telah memahami bahwa tanggung jawab untuk kedua posisi ini berbeda. Ini juga menyebabkan perbedaan keterampilan yang diperlukan oleh manajer komunitas dan manajer sosial media.
Karena fokus SM adalah membuat konten untuk perusahaan, mereka harus tahu bagaimana membuat konten, menulis salinan, dan tahu dasar-dasar desain grafis. Meskipun mereka membuat konten untuk perusahaan, SM harus tahu apa yang disukai audiens. Ini dapat membantu meningkatkan keterlibatan audiens dan perusahaan.
Sebaliknya, membangun interaksi dengan audiens adalah fokus pekerjaan CM. Ini membuat kemampuan yang sangat penting baginya untuk merasa seperti orang lain dan memahami kebutuhan audiens. Dengan memahami dan memenuhi ekspektasi audiens, hubungan mereka dengan perusahaan tentu dapat dipertahankan dan bahkan semakin kuat.
3. Media Social yang Digunakan
Selain itu, manajer komunitas dan manajer sosial media berbeda dalam jenis akun yang mereka gunakan. SM bertindak atas nama perusahaan di media sosial resminya. Pada saat yang sama, CM berinteraksi dengan orang lain atas nama perusahaan melalui platform sosial media miliknya sendiri. CM juga dapat mengambil atau memanfaatkan akun media sosial perusahaan untuk membangun interaksi dengan audiens.
Kadang-kadang, CM memiliki akun media sosial pribadi di mana namanya berfungsi sebagai representasi perusahaan; namun, akun media sosial CM ini berbeda dari akun media sosial perusahaan.
Agar lebih jelas, kamu dapat melihat perbedaan di akun media sosial SM dan CM milik perusahaan game The Sims.