Selasa, 8 Juli 2025
Beranda blog Halaman 408

Daftar Bisnis Gibran yang Bangkrut, Ternyata Akibat Ini

0

Daftar bisnis Gibran yang bangkrut ini ternyata memiliki beberapa faktor pemicunya dan bisa kamu jadikan pelajaran. Nama Gibran Rakabuming Raka belakangan ini menjadi pembicaraan hangat. Hal ini karena Putra Presiden Joko Widodo tersebut memutuskan untuk turut serta dalam pertarungan pemilihan umum. Beliau sebagai calon wakil presiden mendampingi kandidat Prabowo Subianto pada tahun 2024.

Gibran saat ini menjabat sebagai Wali Kota Solo, tetapi sebelum terjun ke dunia pemerintahan, dia terkenal sebagai seorang pengusaha yang memiliki beragam bisnis. Menurut penelusuran CNBC Indonesia, mayoritas bisnis Gibran berfokus pada sektor makanan dan minuman (FnB), yang bekerja sama dengan adiknya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep. Meskipun demikian, tidak semua bisnis yang Gibran kelola dapat bertahan lama. Bahkan, beberapa di antaranya mengalami penutupan dalam beberapa tahun setelah launching.

Daftar Bisnis Gibran yang Bangkrut

1. Ternakopi

Daftar Bisnis Gibran yang Bangkrut, Ternyata Akibat Ini

Ternakopi adalah bisnis Gibran yang berkembang bersama Kaesang pada Mei 2019 lalu. Sebelum pandemi Covid-19, Ternakopi memiliki sekitar 40 toko yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Namun, Kaesang mengaku bisnis ini telah tutup akibat tidak laku di pasaran.

“Kemarin sebenarnya sempat sebelum pandemi kita punya hampir 40 outlet, cuma setelah pandemi, ya, hilang semua. Kok, bisa? Enggak laku,” ungkap Kaesang, mengutip dari CNN Indonesia, Rabu (18/10/2023).

 

2. Goola

Daftar Bisnis Gibran yang Bangkrut, Ternyata Akibat Ini

Goola adalah bisnis milik Gibran yang menjual produk minuman tradisional khas Indonesia, seperti Es Doger dengan kemasan modern. Namun, bisnis ini diserahkan kepada Kaesang sesaat sebelum menjabat sebagai Wali Kota Solo. Namun, berdasarkan pantauan CNBC Indonesia, bisnis ini terlihat sudah tidak berjalan. Sebab, unggahan terakhir Goola di Instagram (@goola_id) adalah 7 November 2020 lalu. Bahkan, tidak sedikit warganet yang mempertanyakan keberadaan bisnis ini.

 

3. Siapmas

Daftar Bisnis Gibran yang Bangkrut, Ternyata Akibat Ini

Masih di bidang kuliner, Gibran yang berkolaborasi dengan Kaesang juga membentuk merek Siapmas. Usaha ini menghadirkan produk minuman dan makanan ringan, seperti keripik dengan nama Ngedrink dan Kemripik di berbagai minimarket. Namun, bisnis ini terlihat sudah tidak aktif. Selain unggahan terakhir di media sosial pada 3 Oktober 2020 lalu, sejumlah produk dari Siapmas juga sudah tidak terlihat di minimarket terdekat.

 

4. Madhang

Menjajal Aplikasi Madhang, Angin Segar bagi Ibu Rumah Tangga Halaman 1 -  Kompasiana.com

Pada 11 Desember 2017, Gibran dan Kaesang meluncurkan aplikasi Madhang untuk menjembatani ibu-ibu yang jago masak dengan pembeli. Aplikasi ini pun diklaim berhasil membantu banyak ibu rumah tangga untuk mandiri secara finansial. Dalam bisnis ini, Gibran berperan sebagai Penasihat Madhang. Namun, usaha yang bekerja sama dengan Universitas Dian Nuswantoro Semarang ini sudah tidak beroperasi. Dalam unggahan terakhir pada 22 Februari 2022 lalu, terlihat banyak pengguna yang mempertanyakan keberadaan aplikasi.

“Tolong dong dana di aplikasi saya tidak kembali. Aplikasi tidak bisa dibuka, DM di IG tidak pernah di balas, kontak CS di WA juga tidak aktif, website tidak ada. Gimana ini uang mangpi saya di aplikasi tidak balik. Tolong dong @madhang.id,” tulis salah satu pengguna Instagram, @ttresure_tangsel.

Kenapa Tuyul Tak Mencuri Uang di Bank? Ini Penjelasannya!

0

Kenapa tuyul tidak mencuri uang di bank? Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas dalam pikiranmu. Tuyul, dalam narasi masyarakat, terkenal sebagai entitas halus yang seringkali terlibat dalam kegiatan mencuri uang. Suwardi Endraswara, seorang budayawan, dalam bukunya “Dunia Hantu Orang Jawa” (2004), menggambarkan tuyul melakukan tindakan tersebut dengan menyusuri rumah ke rumah.

Aktivitasnya tidak terbatas pada pencurian uang saja, melainkan juga melibatkan pencurian barang dan surat-surat berharga. Umumnya, tindakan ini dilakukan oleh individu yang terobsesi dengan kekayaan. Namun, muncul pertanyaan, mengapa tuyul hanya terlibat dalam pencurian rumah ke rumah? Apakah mungkin tuyul dapat mencuri dari bank yang menyimpan jumlah uang yang besar? Atau minimal, apakah tuyul dapat mencuri saldo e-money?

Hingga saat ini, tidak ada laporan mengenai kehilangan uang oleh bank akibat tindakan pencurian oleh makhluk halus berwujud anak kecil ini. Di internet, beredar berbagai informasi yang mencoba menjawab pertanyaan ini. Beberapa menyatakan bahwa tuyul takut pada logam karena uang di bank disimpan dalam brankas. Sementara itu, ada yang berpendapat bahwa di bank terdapat “penjaga” berupa entitas halus lain yang menjadi momok bagi tuyul.

Meskipun jawaban-jawaban tersebut hanya sebatas spekulasi tanpa dasar logis yang jelas, satu hal yang pasti, terdapat alasan sains di balik cerita mistis tuyul. Alasan tersebut dapat membahas mengapa tuyul tidak terlibat dalam pencurian uang dari bank atau mengambil saldo e-money seseorang.

Kenapa Tuyul Tak Mencuri Uang di Bank? Ini Penjelasannya!

Untuk memahami penjelasannya, kita harus memundurkan waktu ke tahun 1870. Kala itu, Belanda meresmikan kebijakan pintu terbuka atau liberalisasi ekonomi menggantikan sistem tanam paksa. Sekilas perubahan ini membawa angin segar karena ternilai mampu menyejahterakan masyarakat. Namun, kenyataannya tidak.

Menurut Jan Luiten van Zanden dan Daan Marks dalam Ekonomi Indonesia 1800-2010 (2012), liberalisasi ekonomi justru melahirkan rezim kolonial baru yang di dalamnya terjadi pengambilalihan perkebunan rakyat untuk diubah menjadi perkebunan besar dan pabrik gula. Situasi ini kemudian membuat kehidupan masyarakat terpuruk, khususnya para petani kecil di Jawa yang semakin terperosok ke dalam jurang kemiskinan. Sebab, mereka tak lagi memiliki kuasa atas lahan perkebunan.

Pada sisi lain ada juga masyarakat yang sejahtera dari sistem ini. Mereka adalah pedagang, baik dari kalangan pribumi atau Tionghoa, yang dalam sekejap menjadi orang kaya baru. Kenaikan pesat kekayaan mereka lantas menimbulkan keheranan bagi para petani yang kian melarat itu. Para petani bingung darimana asal-usul kekayaan mereka.

Perlu kita ketahui saat itu para petani hidup apa adanya. Menurut Ong Hok Ham dalam Wahyu yang Hilang Negeri Yang Guncang (2019), mereka menganut sistem subsisten. Artinya, bertani sekedar cukup untuk konsumsi sendiri. Jika ada hasil tani lebih, maka akan diberi sebagai upeti atau dijual.

Akibatnya, mereka punya pandangan kalau pemupukan kekayaan adalah proses yang terbuka. Maksudnya, tiap orang harus melewati proses dan usaha jelas yang dapat terlihat oleh mata orang lain. Masalahnya, mereka tidak melihat kerja keras dari orang kaya baru itu. Terlebih mereka tidak dapat membuktikan asal usul kekayaannya jika ditanya para petani. Alhasil timbul rasa iri dan kecemburuan oleh petani ke pedagang karena bisa mendapat harta sebanyak itu.

Pandangan Lain tentang Mitos Kaya Mendadak

Terlebih, menurut George Quinn dalam “An Excursion to Java’s Get Rich Quck Tree” (2009)”, para petani selalu beranggapan datangnya kekayaan harus mempertanggungjawabkannya. Maka ketika orang kaya gagal mempertanggungjawabkan asal kekayaannya, para petani iri dan menuduh uang itu hasil pencurian.

Karena kental dengan pandangan mistik, para petani memandang pencurian itu berkat kerja sama orang kaya dengan makhluk supranatural dan kasat mata. Salah satunya tuyul. Tuyul adalah sosok mitologi Jawa yang sudah terkenal sejak lama. Bentuknya makhluk halus atau hantu berbadan kecil dan botak yang dapat mereka pelihara.

Jadi, para petani yang iri selalu menuduh orang kaya baru menggunakan cara haram dalam memperoleh kekayaan. Akibat tuduhan ini, tulis Ong Hok Ham dalam buku lain berjudul Dari Soal Priayi sampai Nyi Blorong (2002), membuat pedagang dan pengusaha sukses kehilangan status di masyarakat. Mereka dianggap “hina” karena memupuk kekayaan dari cara haram yakni bersekutu dengan setan. Padahal ini semua terjadi akibat perubahan kebijakan kolonial Belanda yang membuat pengusaha tertimpa durian runtuh.

Ketidaksukaan para petani terhadap orang yang kaya mendadak tidak hanya berdampak pada hubungan personal semata, melainkan lebih dari itu. Akibatnya, terjadi perubahan transaksi barang oleh orang kaya. Orang kaya kemudian cenderung membeli barang yang tidak menunjukkan kekayaan mereka sesungguhnya, seperti emas atau barang-barang mewah. Apabila mereka membeli tanah atau rumah, maka mereka akan tertuduh memelihara setan atau tuyul oleh petani.

Tuduhan tak berdasar ini membuat popularitas tokoh tuyul sebagai subjek mistis dalam hal kekayaan semakin meningkat dan terus populer sampai saat ini di Indonesia. Terlebih, masyarakat Indonesia yang selama bertahun-tahun hidup secara agraris, makin melanggengkan imajinasi dan tuduhan menggunakan tuyul.

Throwback Tren Makeup yang Viral di Tahun 2023

0

Throwback tren makeup yang viral di tahun 2023 ini memang sempat menghebohkan media sosial terutama bagi beauty enthusiast. Tidak asing lagi bagi kita melihat tren-tren baru yang muncul setiap tahun. Baik itu tren yang baru muncul atau tren lama yang kembali menjadi populer. Dunia kecantikan pun tidak terkecuali, di sepanjang tahun 2023. Berbagai tren makeup telah menjadi sangat populer di kalangan para penggemar kecantikan.

Dengan hadirnya banyak pembuat konten kecantikan di media sosial, para pecinta kecantikan tentu tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mencoba berbagai trik kecantikan dan gaya makeup yang sedang tren. Nah, apa saja tren makeup yang viral di tahun 2023 ini? Berikut adalah lima di antaranya!

Throwback Tren Makeup yang Viral di Tahun 2023

1. Makeup Spatula

Throwback Tren Makeup yang Viral di Tahun 2023

Korea Selatan nampaknya nggak pernah berhenti memunculkan hal baru di dunia kecantikan ya. Seperti beauty hacks satu ini, penggunaan makeup spatula yang banyak dilakukan oleh MUA dan beauty influencer di Korea ini sempat ramai berseliweran di media sosial.

Makeup spatula sendiri sebenarnya terancang untuk mencampurkan foundation. Namun alih-alih menggunakannya untuk mencampur foundationmakeup spatula bisa jadi alat yang sempurna untuk mengaplikasikan foundation ke wajah. Teknik ini ternyata bisa membuat hasil riasan kamu tampak flawless dan nggak terlihat cakey, sehingga cocok untuk makeup sehari-hari.

 

2. Strawberry Makeup

Throwback Tren Makeup yang Viral di Tahun 2023

Seperti namanya, strawberry makeup berfokus pada penggunaan warna pink berry di riasan pipi dan bibir. Dipopulerkan oleh Hailey Bieber, makeup look satu ini menghasilkan complexion yang glowing, serta efek pinkish yang membuat wajah kamu tampak lebih fresh.

Selain kulit yang tampak glowing alami dan pipi pink merona, kunci dari strawberry makeup look juga ada pada freckless di sekitar hidung. Kamu bisa menggunakan eyeliner atau pensil alis berwarna coklat untuk membuat freckless palsu. Untuk bibir, kamu bisa menggunakan lip cream atau lip tint yang senada dengan blush on, lalu sempurnakan dengan lip gloss agar bibir kamu tampak segar dan juicy.

 

3. Latte Makeup

Throwback Tren Makeup yang Viral di Tahun 2023

Berbeda dengan strawberry makeup, latte makeup berfokus pada hasil riasan yang tampak natural bronze dan glowing. Mengingatkan kita pada minuman latte, makeup look satu ini banyak menggunakan warna-warna warm dengan nuansa coklat pada riasan mata, pipi, dan bibi.

Karena tujuan utamanya untuk membuat kulit kita tampak warm, bronzey, dan glowing seperti terkena sinar matahari, maka kunci dari makeup look ini adalah bronzer. Kamu bisa menggunakan bronzer warna coklat yang hangat, serta eyeshadow warna senada untuk membuat mata kamu lebih menonjol.

 

4. 500 Dots Foundation

Viral Challenge Makeup untuk Beauty Vlogger #500dotsoffoundation - Radar Jogja

Kamu pernah melihat tren makeup unik satu ini di timeline sosial media kamu? Banyak berseliweran di media sosial, tantangan 500 dots foundation sempat viral dan diikuti oleh para beauty enthusiast. Seperti namanya, makeup challenge satu ini dilakukan dengan mengaplikasikan foundation sebanyak 500 titik di wajah. Di samping membutuhkan kesabaran lebih, banyak pula yang mengaku merinding ketika menjajal tren satu ini. Bagaimana, kamu tertarik coba juga?

 

5. Barbiecore Makeup

Barbiecore Makeup

Tahun 2023 kurang lengkap jika belum membahas tren Barbie ya. Rilisnya film Barbie di bulan Juli lalu ikut ramai dengan munculnya tren Barbiecore yang bernuansa ceria dan mendominasi warna pink khas Barbie. Menyambut penayangan film yang Greta Gerwig sutradarai. Gaya riasan barbiecore dengan warna-warna pink yang ceria banyak para beauty influencer lakukan. Berdandan layaknya boneka Barbie, gaya makeup satu ini identik dengan penggunaan eyeshadow warna pink, perona pipi, graphic eyeliner, ataupun sapuan glitter untuk look yang lebih glamour. 

Nah dari kelima tren makeup yang sempat viral di tahun 2023 ini, tren mana nih yang sudah kamu coba?

Pilihan Cushion Terbaik di 2023, Mana Favoritmu?

0

Pilihan cushion terbaik di 2023 ini mungkin kamu sedang memakainya atau bisa kamu jadikan referensi. Cushion adalah salah satu jenis dasar makeup yang ideal untuk tampilan makeup sehari-hari. Karena memberikan sensasi ringan di kulit dan menghasilkan tampilan akhir yang bersinar. Kelebihan lain dari cushion adalah kemampuannya melindungi wajah dari sinar UV, karena banyak cushion yang sudah mengandung SPF.

Tidak hanya brand internasional, sejumlah brand lokal juga telah menghadirkan produk cushion dengan berbagai pilihan shade yang sesuai dengan warna kulit. Tak kalah berkualitas, di tahun 2023 ini, terdapat 5 jenis cushion terbaik yang mendapatkan apresiasi dari para beauty vlogger. Apa saja jenisnya? Yuk, simak lebih lanjut!

Pilihan Cushion Terbaik di 2023

1. Skintific Cover All Perfect Cushion

Pilihan Cushion Terbaik di 2023, Mana Favoritmu?

Skintific cushion tentu sudah tak asing bukan? Banyak yang mengatakan jika cushion ini sangatlah bagus dalam pemakaian daily ataupun dipakai saat acara. Terdiri dari 7 shades tentunya dapat disesuaikan dengan warna kulit wajahmu. Cushion keluaran Skintific ini pun sudah memiliki kandungan SPF 35 PA ++++, serta terdapat serum infused. Memberikan hasil yang flawless, cushion dari Skintific ini dibanderol dengan harga Rp197 ribu lho. Apa ini menjadi cushion favorit kamu?

 

2. Somethinc Cushion (Copy Paste & Hooman)

Pilihan Cushion Terbaik di 2023, Mana Favoritmu?

Brand lokal yang satu ini tak kalah bagusnya lho Beauties! Somethinc mengeluarkan dua pilihan cushion. Untuk kamu yang cenderung memiliki kulit berminyak maka pilihan yang tepat adalah cushion Hooman karena memberikan hasil akhir matte, sedangkan untuk kulit kering atau normal, kamu dapat menggunakan cushion Copy Paste. Memiliki kandungan SPF 35 PA ++++ dapat melindungi kulit wajahmu dari paparan sinar uv selama beraktivitas di luar. Dengan memberikan hasil akhir flawless healthy matte finish, tentu menjadi pilihan tepat untuk kamu gunakan sebagai daily cushion-mu. Beauties cukup merogoh harga Rp189 ribu.

 

3. Luxcrime Perfecting Cover Cushion

Pilihan Cushion Terbaik di 2023, Mana Favoritmu?

 

Luxcrime mengeluarkan dua jenis cushion di tahun ini, yakni cushion healthy glow yang dapat menyamarkan bekas kemerahan serta jerawat, serta memberikan hasil akhir healthy glow, dan memiliki kandungan SPF 35 PA +++. Opsi lainnya, Luxcrime cushion perfect matte, memiliki kandungan SPF 50 PA +++ terasa ringan saat dipakai sebagai base daily make up kamu. Cushion dari Luxcrime ini dapat kamu beli dengan harga Rp179 ribu saja. Tertarik untuk membelinya?

 

4. Wardah Colorfit Perfect Glow Cushion

Salah satu brand lokal satu ini tentu sudah sangat dikenal, meskipun cushion Wardah ini sudah keluar sejak tahun lalu. Namun, masih termasuk cushion terbaik untuk kamu pakai sampai saat ini. Wardah colorfit cushion tentunya sangat ringan sebagai base make up sehari-harimu karena sangat minim akan oksidasi. Dengan memiliki 8 shades warna serta kandungan SPF 33 PA ++ di dalamnya, berguna untuk melindungi kulit wajahmu dari sinar uv. Serta memberikan hasil akhir glowy dan membuat kulit wajahmu terasa lembap dengan harga Rp86 ribu saja Beauties sudah dapat mengantonginya.

 

5. Barenbliss True Beauty Inside Cushion

Brand yang berasal dari Negeri Ginseng ini cukup populer di Indonesia dengan menawarkan 5 jenis shades warna. Cushion dapat menyamarkan noda kemerahan serta jerawat. Karena memiliki coverage yang tinggi. Mengandung SPF 45 PA +++ dan memberikan hasil akhir yang matte pada kulit wajah, tentunya cushion ini cocok untuk dipakai daily make up. Dengan harga Rp150 ribu Beauties sudah dapat mengantongi cushion satu ini lho. Dari semua jenis cushion ini, mana yang kamu juluki sebagai ‘Best cushion 2023’ versi kamu?

Brand Skincare Lokal yang Naik Daun di Tahun 2023

0

Brand skincare lokal yang naik daun di tahun 2023 ini bisa kamu jadikan referensi buat skincare harianmu. Dalam era ini, kesadaran individu terhadap perawatan kulit dan tubuh semakin berkembang pesat. Terutama di kalangan para pecinta kecantikan. Indonesia juga menjadi saksi munculnya berbagai brand skincare lokal yang semakin memperkaya dunia kecantikan dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan menyajikan berbagai manfaat yang tidak hanya bermanfaat tetapi juga terjangkau secara finansial, tidak mengherankan jika banyak wanita lebih memilih produk skincare lokal. Tahun 2023 juga menjadi saksi kesuksesan beberapa brand skincare Indonesia yang berhasil mencuri perhatian para penggemar kecantikan dengan manfaat dan kualitas produknya yang tidak kalah dengan brand internasional. Berikut adalah beberapa brand skincare lokal yang sedang populer di tahun 2023 dan layak untuk para pencinta kecantikan coba!

Brand Skincare Lokal yang Naik Daun di Tahun 2023

Glad2Glow

Brand Skincare Lokal yang Naik Daun di Tahun 2023

Hadir dengan menggabungkan bahan natural dan bahan aktif di dalamnya, produk skincare Glad2Glow pun banyak diperbincangkan karena manfaat yang ditawarkan dan harganya yang sangat affordable. Salah satu yang sukses mencuri hati para beauty enthusiast adalah produk moisturizer-nya.

Dengan formulasinya yang ringan dan menyegarkan, salah satu seri moisturizer-nya yakni Glad2Glow Centella Allantoin Soothing Gel Moisturizer bahkan masuk ke dalam Top 10 moisturizer paling laris di TikTok Shop, lho.

Selain pelembabnya yang jadi andalan, brand lokal satu ini juga meluncurkan sederet produk skincare lain mulai sari toner, sunscreen, cleanser, serum, clay mask, hingga acne patch. Harga yang ditawarkan pun masih sangat ramah di kantong, yakni sekitar Rp40 ribu hingga Rp79 ribu.

 

The Originote

Brand Skincare Lokal yang Naik Daun di Tahun 2023

Setelah sukses dengan moisturizer-nya yang jadi favorit banyak orang, The Originote nampaknya nggak mau ketinggalan untuk terus berinovasi nih. Varian produk skincare lainnya seperti sunscreen, Retinol B3 Serum, eye serum, serta 2 in 1 eyelash serum miliknya juga banyak jadi favorit para beauty enthusiast. Walaupun dijual dengan harga yang super terjangkau, kualitas yang ditawarkan tentunya nggak murahan.

Brand lokal yang baru berdiri di tahun 2022 ini menawarkan serangkaian produk skincare yang bisa kita sesuaikan dengan setiap masalah kulit. Produk terbarunya yakni The Originote Hyalurose Micellar Water juga wajib banget kamu coba jika kamu mencari cleanser berkualitas yang ramah di kantong.

 

YOU Beauty

Brand Skincare Lokal yang Naik Daun di Tahun 2023

Di samping produk kosmetiknya yang populer. YOU Beauty juga menghadirkan serangkaian produk skincare dengan inovasi ingridients-nya yang bermanfaat untuk setiap permasalahan kulit. Masih dengan harga yang ramah di kantong, nggak heran jika sederet produk perawatan kulit milik YOU juga jadi andalan banyak perempuan di tahun 2023 ini.

Mulai dari YOU Hy! Amino Facial Wash yang terkenal dengan kemampuan oil control-nya, YOU AcnePlus Spot Care yang efektif menangani masalah jerawat, YOU Purifying Bubble Sheet Mask untuk membersihkan pori-pori, hingga sederet varian serumnya yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing.

 

Facetology

Facetology

Selain Glad2Glow, Facetology juga jadi salah satu brand skincare baru yang sukses mencuri perhatian di tahun 2023 ini. Kamu mungkin sudah sering melihat brand satu ini wara-wiri di timeline media sosial kamu, khususnya produk sunscreen mereka. Memiliki harga yang terjangkau dengan sederet kandungan dan manfaat yang ditawarkan. Facetology Triple Care Sunscreen mulai terlirik para beauty influencer dan terincar para perempuan.

Formulasi dengan hybrid technology, produk satu ini menggabungkan dua macam UV filter yakni physical dan chemical. Sehingga mampu memberikan perlindungan yang lebih ekstra terhadap paparan sinar UV. Nggak hanya melindungi dari sinar UV, sunscreen ini juga lengkap dengan niacinamide dan tranexamic acid untuk mencerahkan kulit. Selain itu, cica dan mugwort untuk menenangkan dan anti-inflamasi.

 

True to Skin

True to Skin

Setelah sukses dengan Matcha Oat Gentle Cleanser miliknya. True to Skin semakin membuktikan kualitas produknya melalui serangkaian produk skincare lainnya nihNggak mau kalah dengan brand lokal lain. Brand satu ini juga meluncurkan sederet produk dengan segudang kandungan dan manfaatnya untuk segala permasalahan kulit. Selain itu harga yang ramah di kantong.

Beberapa produknya yang laris manis dan jadi andalan para perempuan di tahun 2023 ini. Produk tersebut Sunfriends Sunscreen Gel, Eyes On You eye cream, Acne Spot Savior, serta Mugwort Cica Essence Toner. Berfokus pada penggunaan bahan alami dan single active ingridients. Produk-produk milik True to Skin akan sangat cocok jika mencari skincare yang gentle dan aman untuk kulit sensitif, serta ramah di kantong.

Nah, itulah lima brand skincare lokal yang sedang naik daun dan banyak digemari para beauty enthusiast di tahun 2023 ini. Dari kelima brand di atas, kira-kira produk mana nih yang jadi andalan kamu?

Persamaan My Demon dan The Story of Park’s Marriage Contract

0

Persamaan My Demon dan The Story of Park’s Marriage Contract ini menjadi trending topic di media sosial. My Demon dan The Story of Park’s Marriage Contract, dua drama fantasi-romantis. Secara resmi menghadirkan penayangan perdana mereka pada tanggal 24 November 2023.

Kedua drama ini memperlihatkan episode perdana dan kedua pada hari yang sama. Yakni setiap Jumat dan Sabtu dengan jam tayang yang bersamaan pula. Selain jam tayang yang serupa, keduanya juga memiliki beberapa kesamaan mulai dari alur cerita hingga berhasil menjadi topik pembicaraan yang sedang trend. Berikut adalah beberapa persamaan yang dapat menemukan di antara keduanya.

Persamaan My Demon dan The Story of Park’s Marriage Contract

1. Mengusung Kisah Pernikahan Kontrak

Persamaan My Demon dan The Story of Park's Marriage Contract

Pernikahan kontrak yang ada di dalam drama My Demon terjadi karena keadaan terpaksa. Do Do Hee (Kim Yoo Jung) harus menikah dengan Jeong Gu Won (Song Kang), seorang iblis yang hidup abadi selama 200 tahun. Pertemuan keduanya terjadi karena kesalahan informasi dalam kencan buta. Do Do Hee kemudian bertemu kembali dengan Jeong Gu Won saat ia berada dalam kondisi terdesak, yaitu ketika ituseorang pria asing menculiknya dan ingin membunuhnya.

Persamaan My Demon dan The Story of Park's Marriage Contract

Jeong Gu Won yang mengetahui bahwa ada seorang manusia yang tengah berada dalam kesulitan, memanfaatkan situasi tersebut untuk membuat kontrak dengannya. Akan tetapi, alih-alih terikat kontrak yang menguntungkannya, tato yang menjadi sumber kekuatan Jeong Gu Won malah berpindah ke lengan Do Do Hee. Sampai tato milik Jeong Gu Won kembali, ia mau tak mau harus berada di dekat Do Do Hee sembari melindungi perempuan tersebut dari orang-orang yang membunuhnya. Oleh sebab itu, Jeong Gu Won dan Do Do Hee memutuskan untuk menikah secara kontrak demi kepentingan dan nasib mereka masing-masing.

Persamaan My Demon dan The Story of Park's Marriage Contract

Sedangkan dalam drama The Story of Park’s Marriage Contract, pernikahan kontrak terjadi antara Park Yeon Woo (Lee Se Young) dan Kang Tae Ha (Baek In Hyuk). Park Yeon Woo adalah seorang wanita yang hidup di zaman Kerajaan Joseon dan berasal dari keluarga terpandang yang dipaksa menikah.

tsopmc

Setelah pernikahannya, Park Yeon Woo harus menerima kenyataan pahit bahwa suaminya meninggal karena penyakit yang ia derita. Belum hilang kesedihannya, Park Yeon Woo oleh pria misterius culik yang menjatuhkannya di sebuah sumur tua. Akibatnya, Park Yeon Woo melakukan perjalanan waktu dan bertemu kembali dengan suaminya dengan karakter yang berbeda. Karena situasi yang mendesak, yaitu permintaan kakeknya yang sedang sakit dan harus melakukan operasi, Kang Tae Ha mengajak Park Yeon Woo untuk melakukan pernikahan kontrak dengannya.

 

2. Persaingan Mewarisi Perusahaan

Persamaan My Demon dan The Story of Park's Marriage Contract

Tidak hanya masalah pernikahan kontrak, persamaan My Demon dan The Story of Park’s Marriage Contract juga mengangkat kisah tentang persaingan dalam menjadi pewaris utama perusahaan keluarga konglomerat. Dalam drama My Demon, Do Do Hee merupakan anak yang diadopsi dari pemilik Mirae Group, Joo Cheon Seok (Kim Hae Sook).

demon

Setelah Joo Cheon Seok meninggal, Do Do Hee-lah yang mewarisi posisi sebagai komisaris Mirae Group selanjutnya. Namun, agar bisa menduduki posisi tersebut secara sah di mata hukum, Joo Cheon Seok menulis di surat wasiatnya jika Do Do Hee harus memuhi syarat terlebih dahulu, yaitu menikah. Hal ini tentu saja menimbulkan kecemburuan dan kebencian dari anak kandung serta keponakan dan cucu Joo Cheon Seok yang merasa dirinya lebih berhak atas warisannya.

Persamaan My Demon dan The Story of Park's Marriage Contract

Di sisi lain, dalam drama The Story of Park’s Marriage Contract, Kang Tae Ha merupakan cucu dari pemilik SH Group, Kang Sang Mo (Cheon Ho Jin). Kang Sang Mo menderita penyakit yang mengharuskannya segera melakukan operasi. Namun, ia menolak untuk melakukan operasi kecuali jika Kang Tae Ha sudah menikah.

tsopmc

Kang Tae Ha yang tidak memiliki pacar pun harus mencari seorang wanita yang mau menikah kontrak dengannya. Namun, hal ini tidak disukai oleh ibu tirinya, yaitu Min Hye Suk (Jin Kyung). Dengan menikahnya Kang Tae Ha, berarti ia sudah selangkah lebih maju untuk menjadi pewaris SH Grup. Min Hye Suk tidak menginginkan hal itu karena ia ingin dirinya yang menjadi pewaris SH Grup dan bukannya Kang Tae Ha. Min Hye Suk rela melakukan apa saja untuk menghalangi Kang Tae Ha menjadi penerus SH Grup.

 

3. Karakter Utama Chaebol Yatim Piatu

Persamaan My Demon dan The Story of Park's Marriage Contract

Dalam drama My Demon, mengisahkan bahwa Do Do Hee merupakan seorang anak yatim piatu yang diadopsi oleh konglomerat. Kecerdasan Do Do Hee dan kemampuannya beradaptasi dengan lingkungan membuatnya menjadi seorang CEO di bidang F&B Mirae Grup, perusahaan terkenal di Korea Selatan.

demon

Do Do Hee memang tidak memiliki ikatan darah dengan para petinggi Mirae Grup. Namun, ia adalah anak angkat yang sudah dianggap sebagai anak kandung sendiri oleh Ju Cheon Seok. Bahkan, Ju Cheon Seok mewariskan seluruh asetnya kepada Do Do Hee ketika ia meninggal.

Persamaan My Demon dan The Story of Park's Marriage Contract

Sama seperti drama My Demon, The Story of Park’s Marriage Contract juga memiliki pemeran utama konglomerat yang hidup tanpa sosok orang tua, yakni Kang Tae Ha. Di usia yang masih belia, Kang Tae Ha harus kehilangan sosok orang tua kandungnya. Ia kemudian diasuh oleh kakeknya, Kang Sang Mo.

hojin

Sosok Kang Sang Mo mampu mengobati kerinduan Kang Tae Ha terhadap orang tuanya. Ia menjadi lebih akrab dengan kakeknya daripada kerabat-kerabatnya lain di SH Grup. Saking sayangnya sang kakek kepada dirinya, ia ingin agar perusahaan tersebut terwarisi oleh Kang Tae Ha alih-alih Min Hye Suk.

 

4. Mengambil Konsep Zaman Joseon dan Modern

Persamaan My Demon dan The Story of Park's Marriage Contract

Dua drama ini juga memiliki tokoh utama yang memiliki hubungan dengan masa lalu yang berbeda dari kehidupan mereka saat ini. Dalam drama My Demon, Jeong Gu Won merupakan seorang iblis yang telah hidup selama 200 tahun sejak zaman Joseon. Ia memiliki tato di lengannya yang merupakan sumber kekuatannya.

demon

Jeong Gu Won hidup dengan cara membuat kontrak dengan manusia yang memiliki keinginan tertentu. Ia akan mengabulkan keinginan mereka dengan syarat mereka harus memberikan sesuatu yang berharga bagi mereka. Namun, setelah bertemu dengan Do Do Hee, Jeong Gu Won mulai merasakan perubahan dalam dirinya. Ia kehilangan tato dan kekuatannya yang berpindah ke Do Do Hee. Ia juga mulai merasakan emosi yang tidak pernah ia rasakan sebelumnya, seperti cinta, rasa bersalah, dan penyesalan.

Persamaan My Demon dan The Story of Park's Marriage Contract

Sementara itu, dalam drama The Story of Park’s Marriage Contract, Park Yeon Woo merupakan seorang wanita yang hidup di zaman Kerajaan Joseon. Ia berasal dari keluarga terpandang yang memiliki hubungan dekat dengan istana. Ia menikah dengan seorang tuan muda keluarga bangsawan yang bernama Kang Tae Ha.

tsopmc

Sayang sekali, ia harus menghadapi kenyataan pahit bahwa suaminya meninggal karena penyakit yang ia derita. Ia juga oleh seorang pria misterius culik dan menjatuhkannya ke dalam sumur tua. Akibatnya, ia terlempar ke zaman modern. Ia bertemu kembali dengan suaminya yang ternyata memiliki karakter yang berbeda dari masa lalunya. Ia juga harus beradaptasi dengan kehidupan di zaman modern yang sangat berbeda dari zaman Joseon.

Itulah persamaan My Demon dan The Story of Park’s Marriage Contract yang menjadi trending topic. Akan tetapi, baik My Demon ataupun The Story of Park’s Marriage Contract terkemas dalam bentuk cerita yang berbeda. Kamu sudah nonton keduanya belum?

Aktris Korea yang Mendominasi Dunia Drakor Tahun 2023

0

Aktris Korea yang mendominasi dunia drama Korea tahun 2023 ini memang mengagumkan. Dengan kehadiran sejumlah aktris berbakat yang berhasil menguasai layar kaca sepanjang tahun 2023. Terutama industri drama Korea terus memikat penonton dengan daya tariknya.

Dari akting yang memukau hingga pesona yang tak terbantahkan, dua belas aktris Korea ini telah mencapai puncak ketenaran sebagai bintang global. Mereka mendapat pengakuan luas dari berbagai penjuru dunia. Mari kita amati dua belas aktris Korea yang berhasil menguasai panggung internasional drama Korea di tahun 2023.

Daftar Aktris Korea yang Mendominasi Dunia Drakor Tahun 2023

Song Hye Kyo

Aktris Korea yang Mendominasi Dunia Drakor Tahun 2023

Penampilan Song Hye Kyo sebagai Moon Dong Eun dalam “The Glory” memang sangat fenomenal. Kualitas aktingnya dalam “The Glory 2” membuat semua orang terkesima menyaksikan rencana balas dendam Moon Dong Eun. Song Hye Kyo dengan cerdas menjadi bagian besar dalam kesuksesan drakor “The Glory”.

 

Lim Ji Yeon

Aktris Korea yang Mendominasi Dunia Drakor Tahun 2023

Aktris yang juga mendominasi di tahun 2023 adalah rekan Song Hye Kyo dalam “The Glory,” Lim Ji Yeon. Ia memerankan karakter Park Yeon Jin dengan cara yang menakjubkan dan mampu membuat semua orang membenci karakternya. Melalui peran ini, Lim Ji Yeon mendapatkan perhatian dari penggemar drakor dan dipuji atas keterampilannya yang luar biasa. Tahun 2023 menjadi tahun terbaiknya, di mana ia muncul dalam dua drakor lainnya, yaitu “Lies Hidden In My Garden” dan “The Killing Vote”.

 

Han Hyo Joo

Aktris Korea yang Mendominasi Dunia Drakor Tahun 2023

Han Hyo Joo dikenal sebagai aktris berbakat yang mampu memerankan genre apa pun dengan baik, mulai dari romance hingga action. Di tahun 2023, ia menunjukkan kehebatan aktingnya melalui perannya sebagai Lee Mi Hyun dalam drakor Disney+, “Moving”. Han Hyo Joo berdiri di garis terdepan sebagai seorang ibu yang penyayang dan prajurit terlatih yang siap terlibat dalam pertempuran. “Moving” dapat dikatakan sebagai perkumpulan aktor-aktor yang berbakat, salah satunya adalah Han Hyo Joo.

 

Lee Sung Kyung

Aktris Korea yang Mendominasi Dunia Drakor Tahun 2023

Lee Sung Kyung mampu menunjukkan mengapa ia mendapat label sebagai aktris berbakat. Di tahun 2023, ia menunjukkan dua sisi dirinya yang sangat berbeda melalui “Call It Love” dan “Dr. Romantic 3”. Dari karakter yang ceria hingga putus asa secara emosional, ia berhasil menarik perhatian penonton.

 

Uhm Jung Hwa

Aktris Korea yang Mendominasi Dunia Drakor Tahun 2023

Peran Uhm Jung Hwa sebagai pemeran utama dalam drakor “Doctor Cha”, membuat banyak penonton jatuh cinta pada aktingnya. Penggemar terhipnotis oleh penampilannya yang memukau, dan ia juga sukses menerima cinta yang sangat besar dari para kritikus di tahun 2023 ini.

 

Ahn Eun Jin

Aktris Korea yang Mendominasi Dunia Drakor Tahun 2023

Ahn Eun Jin sukses membuat penggemar jatuh hati pada penampilannya dalam “The Good Bad Mother” dan “My Dearest”. Ia mampu membuat penonton merasakan beragam emosi, yang menunjukkan kehebatan aktingnya. Tampil dalam dua drakor yang sukses, Ahn Eun Jin tentu saja menjadikan tahun 2023 sebagai tahunnya, dan penggemar pun tidak sabar untuk melihat apa yang dapat ia capai di masa depan.

 

Suzy

Suzy membuktikan keahliannya sebagai Lee Doo Na yang menawan dalam drakor “Doona!” Ia dengan sempurna mewujudkan karakternya yang membekas di hati penggemar. Keterampilan akting Suzy yang mengkombinasikan dengan cerita yang memukau, meyakinkan banyak penggemar untuk menghujani aktris tersebut dengan cinta dan pujian di tahun 2023 ini.

 

YoonA

Melalui drakor “King The Land,” YoonA mampu memikat hati penonton di seluruh dunia. Ia menunjukkan bahwa ia bukan hanya seorang idol K-Pop, namun juga seorang aktris yang siap untuk peran apa pun. Selama drakor ini tayang, YoonA berhasil menjadi topik pembicaraan dan mendominasi di mesin pencari mana pun.

 

Shin Hae Sun

Shin Hae Sun telah terbukti menjadi aktris yang menonjol lebih dalam “See You In My 19th Life”. Caranya memerankan karakter Ban Ji Eum sangat ahli, dan banyak menjadi perbincangan. Menjelang berakhirnya tahun 2023, ia mencoba mengakhiri tahun dengan penuh kasih sayang dan memberikan kesan melalui “Welcome To Samdalri”. Terlepas dari genre atau perannya, Shin Hae Sun tidak pernah mengecewakan para penggemarnya di seluruh dunia.

 

Go Yoon Jung

Go Youn Jung / Foto: Soompi.com

Go Yoon Jung sukses menjadi pembicaraan ketika tampil dalam drakor “Moving”, yang memperkuat statusnya sebagai aktris yang berhasil mencuri perhatian semua orang. Aktingnya yang luar biasa membuktikan bahwa ia lebih dari sekedar visual. Penampilan Go Yoon Jung dalam “Death’s Game” yang diperankan banyak aktor bertabur bintang juga sangat ditunggu banyak penggemar.

 

Han Ji Min

Han Ji Min / Foto: Kpopmap.com

Han Ji Min adalah representasi “sunshine” melalui perannya sebagai Bong Ye Bun yang unik dalam “Behind Your Touch”. Ia adalah harta karun yang mutlak dan menjadi sorotan selama berminggu-minggu. Berkat penampilannya, minat penonton terhadap drakor ini semakin meningkat dan menghujani aktris tersebut dengan curahan cinta dan pujian.

 

Park Gyu Young

Park Gyu Young berhasil menjadi topik hangat tahun ini karena berbagai alasan. Pertama, penampilannya di “Celebrity” sangat menarik dan membuat banyak penggemar drakor terpaku. Ia kemudian kembali berperan dalam drakor “A Good Day To Be A Dog,” di mana ia menjadi anak anjing lucu yang disukai banyak orang. Sepanjang karirnya di tahun 2023, penampilannya selalu mencuri perhatian dan mencetak banyak prestasi.

Itu dia 12 aktris Korea yang mendominasi dunia drakor. Favorit kamu siapa nih?

Percy Jackson & the Olympians Raih 13,3 Juta Penonton

0

Percy Jackson & the Olympians raih 13,3 juta penonton selama 6 hari penayangan pertama di dua layanan streaming. Berdasarkan laporan Variety pada Selasa (26/12), serial ini menjadi salah satu dari lima serial yang paling banyak penonton sepanjang tahun 2023 di layanan streaming tersebut.

Selain itu, Disney+ mengeluarkan sejumlah serial lain yang juga menjadi hit. Yaitu, The Mandalorian musim ketiga, Loki musim kedua, Ahsoka, dan Secret Invasion. Sedangkan, Hulu tahun ini merilis seiral The Bear musim kedua, Only Murders in the Building musim ketiga, The Kardashians musim ketiga dan keempat, American Horror Stories musim ketiga, hingga reboot Futurama.

Percy Jackson & the Olympians Raih 13,3 Juta Penonton

Meski demikian, tidak mengetahui secara pasti empat serial lain yang juga meraih tontonan terbanyak dari Disney+ dan Hulu pada tahun ini. Jika menghitung dari performa serial lainnya, Ahsoka mendapat  14 juta penonton dalam periode lima hari pertama. Sedangkan Loki musim kedua oleh 10,9 juta penonton selama tiga hari.

Angka-angka tersebut sudah melampaui Percy Jackson and the Olympians yang menggaet 13,3 juta penonton dalam enam hari penayangan. Selain itu, hitungan tersebut hanya mencakup episode pertamnya. Padahal, serial tersebut menayangkan dua episode ketika rilis perdana di layanan streaming.

Percy Jackson and the Olympians merupakan serial yang mengadaptasi dari novel bertajuk serupa karya Rick Riordan. Sang penulis novel pun terlibat langsung dalam proses kreatif serial tersebut. Serial Percy Jackson hadir lebih dari satu dekade sejak versi film tayang pada 2010. Riordan menulis dua episode awal serial tersebut bersama Jon Steinberg. Sedangkan James Bobin dipercaya sebagai sutradara.

Walker Scobell, Leah Jeffries, dan Aryan Simhadri menjadi tiga pemeran utama sebagai Percy Jackson, Annabeth Chase, dan Grover Underwood. Selain itu, serial tersebut juga termeriahkan oleh Virginia Kull, Glynn Turman, Jason Mantzoukas, Megan Mullally, hingga Timm Sharp.

Dua episode awal serial ini akan tayang 20 Desember di Indonesia. Sementara itu, sisa episode lainnya akan rilis tiap pekan.

https://youtu.be/nK0HytQwrw8

Mengapa Sinetron Indonesia Berbeda Jauh dengan Drama Korea?

0

Mengapa sinetron Indonesia berbeda jauh dengan drama Korea? Mungkin pertanyaan itu pernah terlintas dalam pikiranmu. Sinetron televisi masih jadi salah satu pilihan hiburan utama bagi masyarakat Indonesia. Opera sabun itu tetap jadi favorit banyak orang meski terdapat opsi tontonan lain, sebut saja drama Korea. Kendati demikian, sistem stripping, jam penayangan, jumlah episode, hingga kualitas cerita dari sinetron televisi Indonesia membuatnya kerap membandingkan dengan drama Korea.

Meski sesungguhnya drama Korea juga ada yang memiliki ratusan episode, sebagian besar drama Korea terutama yang hit di Indonesia, hanya memiliki 12-20 episode, plot yang tampak baru di setiap judul, dan hampir seluruhnya tayang dua episode per pekan. Episode yang singkat tak berarti drama Korea memproduksinya dengan cepat. Proses produksi drama Korea membutuhkan waktu panjang hingga akhirnya rilis di saluran televisi nasional atau layanan streaming.

Mengapa Sinetron Indonesia Berbeda Jauh dengan Drama Korea?

Melansir dari CNNIndonesia.com, sutradara sekaligus penulis naskah film dan drama Korea Park In-je mengonfirmasi hal itu. Moving menjadi salah satu garapan terbaru Park In-je pada 2023. Park In-je mengakui butuh waktu lama untuk menyiapkan 20 episode serial fantasi Moving. Memerlukan lebih dari dua tahun dari mengembangkan cerita hingga selesai syuting.

“Kami mulai mengerjakan Moving pada Februari 2021 dan kami menyelesaikannya [semua proses] Agustus 2023. Itu berarti keseluruhan prosesnya memakan waktu sekitar dua tahun enam bulan,” ungkap Park In-je.

“Untuk periode syuting, kami syuting dari Agustus hingga Juli, 11 bulan penuh. Dan kemudian membutuhkan satu tahun lagi untuk pasca produksi dan aspek VFX,” pengakuannya.

Sebelum masuk tahap produksi, ia mengaku tim sudah membuat storyboard untuk semua adegan. In-je mengatakan mereka memiliki tiga jilid besar storyboard untuk drama yang tayang perdana pada Agustus 2023 itu. Storyboard itu sangat penting sehingga manajemen waktu dalam tahap produksi bisa berjalan baik. Hal tersebut juga berkaitan dengan pemberian efek visual yang membuat mereka tak mudah sesuka hati mengubah rencana.

Tak hanya tim produksi, partisipasi aktif dari artis juga diperlukan demi memastikan tak banyak perubahan ketika mulai syuting. Seluruh pemain biasanya akan melakukan pembacaan naskah secara bersama-sama untuk pertama kalinya. Tak hanya untuk drama Moving, proses itu dilakukan oleh semua rumah produksi drama Korea dan biasanya dipublikasikan melalui media sosial mereka.

“Tak mudah untuk melakukan modifikasi di set. Banyak yang harus sudah selesai dari tahap praproduksi agar semuanya dapat berjalan sesuai jadwal yang ditentukan,” tuturnya.

“Jadi, kami menyiapkan semuanya dan ketika menyangkut manajemen waktu, karena kami sudah memiliki storyboard yang sudah direncanakan. Kami melakukan semua sesuai rencana, seperti adegan mana saja yang harus kami rekam untuk setiap episode.”

Rating vs Everybody

Sistem produksi seperti itu yang menurut tim produksi industri sinetron sulit diterapkan di Indonesia, terutama bagi tayangan-tayangan free to air di televisi. Maruska Bath sebagai salah satu penulis naskah sinetron mengungkapkan satu hal yang benar-benar menjadi pembeda dengan drama Korea, yakni rating. Rating pula yang dinilai berdampak pada kualitas, penulisan naskah dan jadwal syuting.

Tak hanya itu, rating juga berpengaruh kepada iklan. Sinetron Indonesia dan drama Korea sesungguhnya sama-sama menyisipkan sponsor atau product placement (PPL) dalam kisahnya. Namun, Indonesia menyebut tak bisa seperti Korea yang benar-benar sejak awal sudah menyiapkan segalanya. Terlebih lagi, rating per episode bisa memengaruhi jumlah iklan atau sponsor yang masuk dan kadang perlu menambah dalam adegan.

Maruska pada dasarnya tak pernah menutup harapan sinetron Indonesia bisa berkembang seperti drama Korea, terutama dari segi kualitas. Terlebih lagi, Indonesia dulu bisa menerapkan sistem sinetron satu episode per pekan dan sistem per musim. Namun, bujet produksi dan penghasilan dari stripping diyakini menjadi hal yang sangat memengaruhi hal itu bisa terealisasi atau tidak.

Ia pun semakin menyadari hal itu ketika sempat melakukan kunjungan langsung ke Korea Selatan dan berdialog dengan pelaku industri.

“Karena bujet. Waktu di sana [Korea], kami lihat creative process-nya segala macam. Aku sempat tanya satu naskah satu episode berapa kalau penulis, dan kaget sih dengar jawabannya karena [bujetnya] hampir tujuh sampai delapan kali lipat daripada di sini,” tuturnya.

“Jauh [sistem dan infrastruktur sinetron Indonesia dengan Korea]. Dari segi kostum dan make-up aja semuanya jauh,” ia menegaskan.

“Tapi memang harus aku akui, money maker ada di situ. Money maker untuk pemain, penulis, stasiun TV, produser, PH memang ada di situ.”

5 Kuliner Thailand yang Anti-Mainstream, Berani Coba?

0

5 kuliner Thailand yang anti-mainstream ini menarik untuk kamu coba jika berkunjung ke sana. Thailand, dengan ibu kotanya yang bernama Bangkok. Menjadi tempat yang penuh dengan keunikan, termasuk dalam hal kuliner yang lezat dan unik.

Meskipun makanan khas Thailand seperti tom yum sangat terkenal. Namun terdapat lima hidangan Thailand yang unik dan jarang kamu temui dalam konsumsi sehari-hari. Meskipun demikian, kelima hidangan ini dapat dengan mudah menemukannya di tempat-tempat street food atau restoran di Thailand. Tertarik untuk mengetahui apa saja hidangan tersebut? Ayo, mari kita temukan!

5 Kuliner Thailand yang Anti-Mainstream

1. Serangga Goreng

5 Kuliner Thailand yang Anti-Mainstream, Berani Coba?

Jika mendengar kata serangga, pasti kita membayangkan hewan-hewan yang cukup menggelikan bagi sebagian orang. Kalau kamu sedang berlibur di Thailand, kamu akan menemukan banyak street food yang menawarkan beberapa serangga yang digoreng seperti jangkrik, kalajengking, kecoak, dan masih banyak lagi.

Sebelum menggorengnya, serangga itu akan dimasukkan ke dalam air garam yang telah diberi bumbu dapur dalam beberapa menit. Setelah bumbu meresap, serangga-serangga itu akan digoreng sampai kering. Lidahmu akan menerima sensasi asin dan crunchy saat kamu memakan serangga goreng itu.

 

2. Udang Mentah (Gong Chae Nam Pla)

5 Kuliner Thailand yang Anti-Mainstream, Berani Coba?

Gong chae nam pla adalah makanan Thailand yang diolah dari udang mantis mentah. Makanan ini disajikan dengan beberapa sayuran dan kecap asin untuk menambah rasa yang gurih dan asin. Kamu bisa menemukan makanan ini di restoran seafood, ya!

 

3. Kecebong Goreng

5 Kuliner Thailand yang Anti-Mainstream, Berani Coba?

Katak goreng mungkin biasa menemukannya di setiap negara, seperti ada beberapa masyarakat Indonesia yang senang dengan swike goreng (hidangan kaki kodok). Namun, Thailand menghadirkan kuliner kecebong yakni tahap sebelum katak dewasa.  Kecebong atau Mok Huak ini diolah dengan cara dibungkus dalam daun pisang dan dipanggang dengan kecap asin yang telah difermentasi dengan beberapa bumbu dapur khas Thailand. Kalau kamu ingin mencicipi kuliner ini, kamu harus datang di saat musim hujan yakni Juni sampai Oktober karena kecebong sulit menemukannya di musim kemarau.

 

4. Darah Babi (Luu Muu)

Makanan ekstrem lainnya adalah darah babi atau luu muu. Kamu bisa menemukan olahan makanan ini di pasar etnik Thailand. Darah babi biasanya memadukan dengan mie, usus babi yang telah termarinasi, hingga sup. Namun, ada catatan, nih! Sejak dulu, makanan yang mengandung darah babi sudah banyak kritikan dan sangat tidak direkomendasikan untuk dimakan oleh para ahli. Walau begitu, makanan olahan ini masih ada yang suka, lho!

 

5. Daging Sapi Mentah

Daging sapi biasa masyarakat luas konsumsi. Namun, bagaimana bila daging sapi yang kamu makan itu mentah? Yup, kamu nggak salah baca! Di Thailand kamu bakal menemukan makanan daging sapi mentah cincang dan langsung mengonsumsinya. Biasanya, daging tersaji dengan daun mint, kemangi, dan bawang merah.

Waduh, ekstrem dan anti-mainstream semua ya! Kalau kamu ada kesempatan, pingin cobain makan yang mana, nih?