Rabu, 2 Juli 2025
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Deretan Kebiasaan ‘Kecil’ Bikin Karier Cemerlang dan Melesat

Deretan kebiasaan ‘kecil’ bikin karier cemerlang dan melesat penting untuk kamu ingat. Memiliki karier cemerlang adalah dambaan banyak orang. Kunci utamanya? Dedikasi, kerja keras, dan pengalaman. Tentu saja, meraih kesuksesan ini bukan hal yang mudah.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa kebiasaan ‘kecil’ yang bisa membantumu mencapainya? Kebiasaan ini tidak hanya membantu mencapai keseimbangan hidup, tetapi juga menjernihkan pikiran dan memanfaatkan waktu secara optimal.

Penasaran apa saja kebiasaan tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

Deretan Kebiasaan ‘Kecil’ Bikin Karier Cemerlang dan Melesat

Membuat To Do List

Ilustrasi membuat to do list/ Foto: Freepik.com/racool_studio

Meski terdengar sepele, tapi membuat to do list ternyata bisa berdampak besar, lho! Dengan menuliskan pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan bisa membantu kita menjadi lebih produktif. Hal ini karena kita bisa memprioritaskan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Selain itu, kita juga bisa melihat apakah kita sudah mengatur waktu secara efektif dan teratur.

Saat mencoret pekerjaan yang sudah diselesaikan, ada rasa puas dan pencapaian saat melihat daftar pekerjaan sudah berkurang satu demi satu menjelang hari berakhir. Hal ini membuat kita terpacu untuk segera menyelesaikan pekerjaan dan tidak menunda-nunda.

Membuat Tujuan dan Evaluasi Secara Rutin

Deretan Kebiasaan 'Kecil' Bikin Karier Cemerlang dan Melesat

Menetapkan tujuan dan memantau perkembangannya adalah langkah yang solid untuk mencapai karier cemerlang. Coba luangkan waktu untuk membuat tujuan, baik jangka pendek, menengah, maupun panjang. Selain realistis dan dapat dicapai, pastikan tujuan tersebut juga cukup menantang untuk memicu kita meraih kesuksesan. Tambahkan pula deadline atau tenggat waktu dari deadline tersebut. Hal ini bisa membuat kita lebih fokus dan membuat rencana dengan matang.

Latih Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Berpikir Positif/ Freepik.com/tirachardz

Salah satu kebiasaan paling kuat yang dapat kita praktikkan untuk karier cemerlang adalah berfokus pada pemecahan masalah di pekerjaan. Alih-alih mengeluh tentang hal-hal negatif di tempat kerja, cobalah habiskan waktu untuk mencoba menyelesaikannya.

Kemampuan problem solving atau penyelesaian masalah dapat membantu otak kita untuk berpikir lebih kritis, membuat keputusan, hingga meningkatkan kemampuan bernegosiasi dengan orang lain. Tidak hanya bermanfaat bagi karier, kemampuan pemecahan masalah yang baik juga akan sangat penting bagi kehidupan sehari-hari.

 

Rutin Bangun Pagi

Deretan Kebiasaan 'Kecil' Bikin Karier Cemerlang dan Melesat

Tidak hanya baik untuk kesehatan, namun rutin bangun pagi juga bisa membantu kita untuk lebih fokus dan produktif. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Education, Jerman di tahun 2010 mengungkapkan bahwa bangun pagi akan membuat kita menjadi lebih proaktif dan memiliki performa kerja yang baik. Selain itu, bangun pagi juga membuat seseorang lebih fokus. Jadi, ketika alarm berbunyi di pagi hari, jangan pencet tombol snooze ya! Usahakan langsung bangun dan lakukan olahraga kecil sebelum memulai hari agar terasa lebih fresh!

Belajar Hal Baru

Manfaat belajar bahasa asing bagi kinerja otak/ Foto: Freepik/@pvproductions

Rutinitas sehari-hari terkadang membuat kita terperangkap pada zona nyaman. Akibatnya, kita pun enggan belajar hal baru dan membuat karier kita stuck hingga tidak berkembang. Memperluas pengetahuan dan mengembangkan skill  merupakan kunci untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing di dunia kerja. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk mempelajari hal-hal baru yang relevan dengan bidang pekerjaanmu atau yang dapat membantumu mengembangkan karier.

Itulah beberapa kebiasaan ‘kecil’ yang bisa kamu terapkan untuk meraih karier cemerlang. Selamat mencoba!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles