Mencapai kesuksesan seringkali memerlukan dedikasi dan kerja keras. Selain itu, karakteristik yang dimiliki oleh seseorang juga memiliki peran penting dalam meraih kesuksesan, terutama dalam konteks lingkungan kerja yang sering memerlukan adaptasi dan keterampilan tertentu untuk mencapai hasil yang baik.
Namun, pertanyaannya adalah, bagaimana cara menjadi sukses di tempat kerja? Bonnie Low-Kramen, seorang pakar di bidang workplace dan kepemimpinan, telah berbagi sejumlah karakteristik yang dimiliki oleh individu sukses yang membantu mereka mencapai prestasi di lingkungan kerja.
Apakah Anda penasaran? Di bawah ini, kami akan merangkum informasi mengenai karakteristik-karakteristik tersebut khusus untuk Anda.
Kepercayaan diri juga dapat membedakan seseorang dari yang lain di tempat kerja. Orang dengan rasa percaya diri tinggi cenderung dapat membuat keputusan yang sangat berdampak di tempat kerja. Meskipun membangun rasa percaya diri membutuhkan waktu yang tak sebentar, Bonnie Low-Kramen menyebut bahwa hasilnya akan sepadan dengan “perasaan kuat” yang dimiliki seseorang setelahnya.
Hindari Selalu Meminta Maaf Atas Hal yang Tak Perlu

Lantas bagaimanakah cara meningkatkan rasa percaya diri di tempat kerja? Bonnie Low-Kramen punya solusinya. Salah satunya dengan menghindari kebiasaan meminta maaf atas hal yang tidak perlu permintaan maaf. Alih-alih terlihat sopan, kebiasaan ini justru bisa menurunkan harga diri seseorang dan membuat orang lain menganggap remeh. Tak hanya itu, terlalu sering meminta maaf juga menunjukkan rendahnya rasa percaya diri.
Kuasai Keterampilan Berbicara dengan Baik

Selanjutnya hal lain yang dapat meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan menguasai keterampilan berbicara. Bukan rahasia umum lagi kalau di tempat kerja diperlukannya skill berbicara yang baik. Meskipun terkadang berbicara di depan umum terasa sulit atau bahkan menegangkan bagi sebagian orang, ada trik yang bisa dilakukan, lho.
Masih dikutip dari sumber yang sama, seorang penulis buku tentang kepemimpinan bernama Simon Sinek memberikan saran untuk mengaitkan tangan dan menahannya agar tetap diam. Cara ini dapat membantu seseorang fokus terhadap apa yang akan dikatakannya.
Berusaha Capai Tujuan

Last but not least, agar tampil lebih percaya diri, mencapai tujuan saat bekerja juga tak kalah penting untuk dilakukan. Bonnie Low-Kramen mengungkap bahwa sesuatu yang dapat dilakukan sesuai keinginan akan memicu dampak positif pada harga diri dan kepercayaan diri bagi seseorang. Seperti belajar, mendapatkan prestasi, atau pencapaian tertentu.
Sejumlah hal tadi dapat menjadi referensi bagi kamu untuk meningkatkan rasa percaya diri agar bisa meraih sukses di tempat kerja. Meskipun membutuhkan waktu yang tak sebentar buat membiasakannya, asalkan dilakukan secara berkelanjutan tentu akan terlihat hasilnya. Selamat mencoba, ya!