Jumat, 4 Juli 2025
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Cara Membagi Waktu Pekerjaan Full Time dan Freelance

Cara membagi waktu pekerjaan full time dan freelance agar tetap seimbang ini penting untuk kamu ketahui. Saat ini, banyak pekerja full time yang juga menjalankan peran sebagai freelancer. Motivasinya bervariasi, mungkin untuk menambah penghasilan, membangun portofolio, atau sekadar mengisi waktu senggang. Karena memiliki dua tanggung jawab pekerjaan, penting bagi mereka untuk mencapai keseimbangan yang baik. Begitu proyek full time selesai, tugas freelance pun harus selesai.

Bagi yang belum terbiasa, menangani pekerjaan full time dan freelance dapat terasa melelahkan. Apalagi jika manajemen waktu tidak efektif, situasi ini bisa menjadi sangat rumit. Untuk menghindari kekacauan, coba terapkan strategi pembagian waktu antara pekerjaan full time dan freelance. Dengan begitu, dapat memastikan tercapainya keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan.

Cara Membagi Waktu Pekerjaan Full Time dan Freelance

Rancang Jadwal Pekerjaan Sepraktis Mungkin

Cara Membagi Waktu Pekerjaan Full Time dan Freelance

Coba pikirkan untuk merancang jadwal pekerjaan agar proyekmu terstruktur. Anggap jadwal ini bersifat mengikat, mulai bangun tidur sampai balik terlelap. Jika jam masuk kantor pukul 09.00-17.00, kamu bisa bangun dan mencicil freelance pada pukul 05.00 WIB, lalu mandi dan sarapan di 08.00 WIB. Lalu lanjutkan pekerjaan freelance selepas jam kerja full time-mu habis.

 

Selesaikan Pekerjaan Full Time Tepat Waktu

Cara Membagi Waktu Pekerjaan Full Time dan Freelance

Secara umum, durasi jam kerja full time adalah delapan jam, yang berlangsung mulai dari pukul 09.00-17.00. Meski terkesan panjang tetapi akan ada saja pekerjaan yang menyita waktu. Ditambah lagi agenda meeting dadakan yang kerap muncul. Namun, berhubung kamu punya tanggungan freelance, sebaiknya segera selesaikan pekerjaanmu, apapun yang terjadi. Jangan sampai bekerja melebihi jam pulang, apalagi membawa tugas kantormu ke rumah.

Hindari Menunda Pekerjaan

Akan ada masanya kamu mungkin santai saat bekerja. Entah karena brain out atau sekadar bosan. Jika sebentar, sih, nggak masalah. Namun jika terus-terusan, kerjaanmu bakal lambat selesai. Kamu pun harus stay di kantor lebih lama. Agar tidak terjadi, lebih baik kurangi menunda pekerjaan. Kalaupun tengah brain out, kamu bisa menyegarkan diri dengan menonton tayangan di media sosial atau berjalan mengelilingi kantor sebentar.

 

Manfaatkan Penggunaan AI

Salah satu tujuan tercipta AI atau artificial intelligence, yakni kecerdasan buatan, adalah membantu pekerjaan manusia. Jenis AI pun beragam, mulai dari yang dapat bantu merancang copy, bikin gambar, edit video, hingga analisis website. Terapkan ini pada pekerjaan full time dan freelance agar cepat selesai. Meski begitu, tetaplah me-review pekerjaanmu, mengingat data yang dihasilkan masih kompleks dan cenderung robotable.

Pahami Batasan Diri

Setiap orang memiliki batasan, begitupun dirimu. Bila hanya sanggup mengerjakan satu pekerjaan full time dan freelance, sebaiknya setop mengambil pekerjaan tambahan. Ini tidak hanya dapat memengaruhi kesehatan lantaran kurangnya waktu istirahat, tapi juga hasil pekerjaan itu sendiri. Bukannya full cuan, kontrakmu berpotensi berhenti jika kualitasnya buruk. So, pahami batasan dirimu, ya!

Jangan lupa kamu terapkan, ya. Kerjaan lancar, tabungan makin melar!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles