Arti simbol pada produk kecantikan ini wajib bagi kamu mengetahuinya. Dalam industri kecantikan, pemahaman terhadap berbagai aspek menjadi penting. Ini meliputi persentase bahan, formula, cara penggunaan, manfaat, proses produksi, dan simbol-simbol yang terdapat pada kemasan produk.
Simbol-simbol ini tidak menggunakan sembarangan, melainkan memiliki tujuan sebagai penyedia informasi bagi konsumen. Mereka mencakup informasi mengenai waktu kedaluwarsa, kandungan produk, dan elemen-elemen lainnya. Meski begitu, banyak orang mungkin masih bingung dengan arti dari simbol-simbol yang terdapat di kemasan produk kecantikan yang digunakan. Untuk memahami maknanya, berikut adalah 5 arti dari simbol-simbol yang umumnya terdapat di produk kecantikan.
Arti Simbol pada Produk Kecantikan yang Wajib Kamu Tahu!
Period After Opening (PAO)

Simbol ini terdiri dari gambar wadah yang terbuka dengan angka di dalamnya, yang menunjukkan jumlah bulan atau tahun. Arti dari simbol ini memberikan informasi tentang berapa lama produk tersebut sebaiknya menggunakannya setelah membuka untuk pertama kalinya. Contohnya, jika simbol PAO menunjukkan angka “12M”, berarti produk sebaiknya digunakan dalam waktu 12 bulan setelah dibuka. Apabila melewati periode tersebut, kemungkinan kualitas dari produk berkurang dan dapat meningkatkan risiko iritasi.
Leaping Bunny

Simbol leaping bunny adalah lambang sertifikasi cruelty-free atau bebas dari pengujian pada hewan. Jika suatu produk memiliki label tersebut, tandanya diproduksi tanpa melakukan uji coba pada hewan selama proses pengembangan, formulasi, dan pengujian. Simbol ini memberikan kepercayaan kepada konsumen yang peduli terhadap kesejahteraan hewan bahwa mereka memilih produk yang ramah hewan.
E-Mark

Simbol ini sering menyertakan dengan angka di dalamnya, seperti “e 50ml” atau “e 100ml”. Artinya, jumlah yang tertera di dalam simbol menunjukkan volume bersih atau berat bersih produk tersebut. Sehingga, konsumen mendapatkan informasi yang jelas tentang seberapa banyak produk yang seharusnya ada di dalam kemasan. Tak hanya itu, simbol ini merupakan tanda kelayakan bahwa produk mematuhi standar yang sesuai regulasi Uni Eropa. Hal ini membantu menciptakan standar yang konsisten di seluruh produk.
Green dot dan Mobius

Mobius berbentuk panah segitiga yang membentuk lingkaran atau seperti simbol putaran. Artinya, kemasan produk bisa di daur ulang atau terbuat dari bahan daur ulang. Sedangkan Green dot memiliki makna bahwa perusahaan yang menciptakan produk tersebut akan bertanggung jawab dalam pendanaan sistem pengelolaan daur ulang kemasan.
Ecocert

Ecocert dikenal sebagai lembaga sertifikasi organik dan lingkungan yang menilai dan memberikan sertifikasi, terhadap produk-produk yang memenuhi standar tertentu terkait keberlanjutan dan bahan-bahan organik. Apabila terdapat simbol ini dalam suatu produk, artinya produk tersebut mengandung sejumlah besar bahan organik.
Setelah mengenal arti logo-logo yang tertera pada kemasan produk kecantikan, kini kamu tidak akan kebingungan lagi untuk memahami dan menggunakan produk tersebut. Jadi sebelum menggunakan produk kecantikan, perhatikan simbol-simbol yang tertera pada kemasan ya!