Cara memaksimalkan waktu istirahat di tempat kerja ini penting untuk kita ketahui agar terhindar dari stres. Bekerja sepanjang hari dapat menimbulkan rasa kejenuhan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui strategi memaksimalkan waktu istirahat di tempat kerja guna tetap menjaga tingkat produktivitas, termasuk menghindari kegiatan yang dapat menimbulkan ketergantungan.
Sebabnya, aktivitas yang memicu kecanduan justru dapat mengurangi efektivitas istirahat dan menghambat produktivitas secara keseluruhan. Untuk itu, berikut beberapa tips komprehensif untuk memaksimalkan waktu istirahat di lingkungan kantor yang bisa kamu terapkan.
Cara Memaksimalkan Waktu Istirahat di Tempat Kerja
1. Menjadwalkan Istirahatmu
Salah satu cara memaksimalkan waktu istirahat di tempat kerja adalah dengan menjadwalkannya terlebih dulu. Pada dasarnya, saat bekerja di kantor, perusahaan sudah menetapkan waktu istirahat selama 30-60 menit. Nah, kamu bisa mengatur beberapa jenis aktivitas yang dapat dilakukan sepanjang beristirahat. Selain itu, hentikan mengerjakan tugas kantor selama waktu istirahat agar otakmu memiliki jeda untuk berpikir.
2. Menghindari Aktivitas yang Memicu Ketagihan

Tips memaksimalkan waktu istirahat di tempat kerja lainnya adalah dengan menghindari aktivitas yang memicu ketagihan, seperti bermain ponsel atau game. Menurut laman Depocrastination, aktivitas yang membuat ketagihan justru bisa membuat tubuh tidak bisa rileks dan otak tetap bekerja. Sebagai alternatifnya, kamu dapat melakukan aktivitas ringan, seperti menyeduh kopi atau teh, membaca buku, menatap ke luar jendela, hingga meditasi.
3. Melakukan Olahraga Ringan

Cara memaksimalkan waktu istirahat di tempat kerja selanjutnya adalah melakukan olahraga ringan. Pasalnya, olahraga bisa membantu meningkatkan kesejahteraan dan memperbaiki suasana hati. Sayangnya, banyak orang yang justru tidak melakukan olahraga saat istirahat, karena menganggapnya melelahkan. Di sisi lain, para pekerja lebih banyak menjelajahi media sosial selama waktu istirahat. Menurut situs Harvard Business Review, menjelajahi media sosial saat istirahat kerja justru membuat otak mengalami kelelahan emosional, sehingga produktivitas dapat menurun. Untuk itu, cobalah melakukan olahraga ringan saat beristirahat, seperti peregangan, yoga, jalan-jalan, maupun meditasi.
4. Tidur Siang

Tidur siang adalah tips memaksimalkan waktu istirahat dengan baik selama di tempat kerja. Banyak orang menyebutkan tidur siang justru menyebabkan kelelahan. Padahal, kondisi tersebut disebabkan karena tidur yang terlalu lama. Nah, idealnya tidur siang adalah selama 10-20 menit. Dengan waktu yang singkat tersebut, tubuhmu akan kembali berenergi dan tidak merasa lelah. Selama waktu tidur, kamu bisa memaksimalkan kualitasnya dengan mencari tempat yang tenang dan menyalakan alarm di ponsel agar dapat bangun tepat waktu.
5. Minum Kopi

Tips memaksimalkan waktu istirahat di tempat kerja yang terakhir adalah dengan mengonsumsi secangkir kopi. Cara ini bisa kamu lakukan 25 menit sebelum tidur. Mengapa demikian? Pasalnya, kafein yang terkandung dalam kopi akan bekerja sekitar 25 menit setelah mengonsumsinya. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh manfaat dari kopi secara maksimal.
Demikian sederet informasi mengenai tips memaksimalkan waktu istirahat di kantor yang dapat kamu lakukan. Dengan menerapkan beberapa cara di atas, kamu tetap bisa menjaga produktivitas dan kreativitas selama di tempat kerja sepanjang hari.