Selasa, 1 Juli 2025
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Pahami Strategi Mobile Marketing dan Jenisnya

Strategi mobile marketing adalah pendekatan yang dapat diterapkan oleh bisnis, baik yang besar maupun kecil, mengingat penggunaan perangkat seluler telah meluas di seluruh dunia. Selain itu, keuntungan dari strategi mobile marketing ini adalah kemampuannya untuk beriklan atau meluncurkan kampanye dengan biaya yang relatif rendah.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang strategi mobile marketing, mari kita kenali lebih dalam apa sebenarnya yang dimaksud dengan konsep ini. Sebagai contoh yang sederhana, bayangkan saat Anda sedang asyik bermain game favorit di ponsel Anda. Setelah menyelesaikan satu level, Anda akan diarahkan ke level berikutnya.

Namun, sebelum Anda dapat melanjutkan permainan, muncul tiba-tiba iklan. Iklan tersebut dapat berupa iklan tampilan atau iklan video yang dapat Anda lewati dalam beberapa detik. Inilah yang disebut sebagai mobile marketing, di mana bisnis memanfaatkan peluang untuk mempromosikan produk atau layanan mereka melalui perangkat seluler.

Pengertian Strategi Mobile Marketing

strategi mobile marketing

Menurut Investopedia, mobile marketing adalah aktivitas periklanan apa pun yang mempromosikan produk dan layanan layanan melalui perangkat seluler, seperti ponsel pintar dan tablet. Strategi mobile marketing memanfaatkan fitur teknologi alat komunikasi, termasuk GPS. Hal ini untuk menyesuaikan campaign pemasaran berdasarkan lokasi pengguna. Dengan mobile marketing, promosi barang dan jasa dapat dipersonalisasi sesuai minat dan perilaku pengguna alat telekomunikasi.

Mobile marketing mencakup promosi melalui SMS, MMS, aplikasi yang diunduh dengan push notification, iklan dalam mobile game, situs web seluler, hingga pindai kode QR. Pemain kunci dalam mobile marketing adalah merek sebagai pemasang iklan dan penyedia layanan yang mengaktifkan mobile advertising atau iklan seluler.

Mobile advertising menargetkan audiens tidak semata bertumpu pada demografi, tetapi lebih pada perilaku mereka dalam menggunakan perangkat seluler. Salah satu perilaku tersebut, yaitu “snacking”. Istilah “snacking” mengacu kepada perilaku pengguna ponsel pintar yang menggunakan ponsel untuk mencari hiburan instan. Menelusuri media sosial, bermain mobile game, dan membaca artikel-artikel pendek, merupakan beberapa contoh dari perilaku “snacking” ini. Perilaku inilah yang bisa menjadi peluang bagi pebisnis melakukan strategi mobile marketing.

Jenis-jenis Strategi Mobile Marketing

Pahami 4 Strategi Mobile Marketing Biar Iklanmu Ditonton

Terdapat sejumlah jenis strategi mobile marketing. Strategi dilakukan dengan menyesuaikan format, spesifikasi, dan dimensi gawai. Format iklan online pada ponsel pintar tentu akan berbeda dengan format iklan di tablet. Berikut jenis-jenis strategi mobile marketing:

1. SMS Marketing

Seperti namanya, pemasaran ini dilakukan melalui pesan teks. Strategi mobile marketing ini berbasis izin, karena kamu akan mengirim promosi, penawaran, kupon, dan lain sebagainya langsung ke nomor ponsel pengguna. Pemasaran melalui SMS masih relevan dilakukan hingga sekarang, karena SMS memiliki sejumlah kelebihan. SMS memiliki tingkat keterkiriman, keterbukaan, dan keterlibatan yang tinggi.

2. Media Sosial

Strategi mobile marketing juga dapat dilakukan di media sosial. Hal ini karena orang cenderung memeriksa media sosialnya melalui ponsel ketimbang PC atau laptop. Sejumlah platform media sosial terkenal, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, memiliki miliaran pengguna. Tentu, ini potensi pasar yang sangat besar untuk menggaet pelanggan baru.

Berbagai fitur di media sosial memungkinkan terciptanya hubungan personal antara merek atau perusahaan dengan para pelanggannya. Pelanggan bisa berkomunikasi langsung dengan perusahaan melalui kolom komentar atau pesan privat.

Untuk memajukan bisnismu, kamu bisa fokus rutin mengisi konten di media sosial dan mendapat audiens secara organik. Agar dapat cepat menjangkau pelanggan yang tepat, kamu bisa memasang iklan media sosial yang dipersonalisasi sesuai minat pengguna.

3. Pemasaran Berbasis Lokasi

Pemasaran berbasis lokasi mengandalkan fungsi GPS yang terpasang pada gawai. Dengan pemasaran jenis ini, kamu dapat menampilkan promosi dan konten yang relevan, sesuai dengan lokasi pengguna. Strategi mobile marketing ini sangat menguntungkan jika kamu punya bisnis lokal, semacam kafe, restoran, butik, dan sebagainya. Jenis pemasaran ini menghasilkan lebih banyak respons baik. Hal ini karena pemasaran yang dilakukan relevan dengan lokasi pengguna gawai.

4. In-app Marketing

Sebagai pemilik ponsel pintar, tentu kamu mengunduh sejumlah aplikasi melalui Play Store (Android) atau App Store (iOS). Entah aplikasi ini dapat membantu keseharianmu atau bersifat hiburan seperti mobile game. Di dalam berbagai aplikasi, ada yang namanya in-app advertisement. Kamu bisa memasang iklan di dalam aplikasi untuk memasarkan produk dan jasamu melalui in-app advertisement.

Beberapa format in-app advertisement yang populer, antara lain banner yang muncul di bagian atas atau bawah layar ponsel, iklan video, atau iklan antara. Iklan yang terakhir disebutkan, biasanya muncul pada mobile game, saat beralih dari satu level ke level berikutnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles