4 hal yang bisa membuat kamu jadi komunikator hebat ini penting untuk kamu terapkan. Komunikasi adalah salah satu keterampilan penting yang perlu dikuasai. Ini adalah dasar untuk membangun berbagai jenis hubungan, termasuk dalam percintaan, pekerjaan, dan interaksi sosial. Terutama di lingkungan kerja, kemampuan berkomunikasi sangat vital.
Cara kamu berkomunikasi dengan rekan kerja, bagaimana mereka mendengarkan, memberikan tanggapan, dan mengikuti arahanmu, sangat berpengaruh terhadap kesuksesan kariermu. Berikut empat tips yang dapat membantu kamu menjadi komunikator yang hebat sehingga pesanmu tidak salahpaham oleh orang lain, melansir dari Your Tango.
4 Hal yang Bisa Membuat Kamu Jadi Komunikator Hebat
1. Bersikap Spesifik
Dulu, manusia mampu memusatkan perhatian pada satu subjek selama dua belas detik. Sekarang, manusia hanya punya delapan detik sebelum pikiran kamu beralih ke ide yang lain. Salah satu kebiasaan untuk menjadi komunikator hebat adalah bersikap spesifik. Ketika kamu akan melakukan presentasi atau memimpin sebuah rapat, tentukan konsep yang ingin kamu sampaikan dan buat menjadi kalimat yang tidak terlalu panjang.
2. Story Telling
Ceritakan kisah singkat tentang mengapa kamu melakukan sesuatu. Selanjutnya, kamu bisa menceritakan bagaimana dan apa yang kamu lakukan untuk mencapai hal tersebut. Pertanyaan mengapa ini sangat berguna untuk menuntun orang agar tetap bersama dan mendukung kamu sepenuhnya saat berkomunikasi.
3. Melakukan Percakapan Dua Arah
Ketika kamu sedang berkomunikasi dengan beberapa orang, rata-rata mereka hanya akan mendengarkan. Seorang komunikator yang hebat selalu bisa membuat percakapan dua arah. Jadi, temukan cara untuk menciptakan dialog interaktif dan tidak sungkan untuk meminta pendapat.
4. Pahami Bahwa Komunikasi Bukan Tentang Kamu
Teknik komunikasi yang efektif bukan tentang kamu, pendapat kamu, atau masalah kamu. Ini tentang pendengar. Ini tentang memenuhi kebutuhan mereka dan membantu memenuhi harapan mereka sambil menambahkan nilai pada apa yang penting bagi mereka. Ingat, temui orang di mana mereka berada, bukan di mana kamu ingin mereka berada.
Jika kamu ingin menjadi komunikator yang hebat, kamu harus bisa mengendalikan ego kamu. Komunikasi menunjukkan siapa diri kamu sebenarnya dan menunjukkan jati diri kamu kepada dunia.