Selasa, 1 Juli 2025
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

5 Tips Jitu Mengelola Keuangan Bagi Pekerja di Perantauan

5 tips jitu mengelola keuangan bagi pekerja di perantauan penting untuk kamu ketahui. Para pekerja di perantauan tidak hanya harus beradaptasi dengan lingkungan baru, tetapi juga perlu bijak dalam mengelola keuangan. Tinggal jauh dari orang tua atau keluarga sering kali berarti mengeluarkan banyak uang untuk tempat tinggal, makan, dan kebutuhan lainnya.

Selain memenuhi kebutuhan sehari-hari, kamu juga perlu menyisihkan sebagian pendapatan untuk tabungan atau dana darurat. Agar uangmu tidak cepat habis, berikut 5 tips tepat dalam mengelola keuangan.

5 Tips Jitu Mengelola Keuangan Bagi Pekerja di Perantauan

1. Prioritaskan Kebutuhan

Seperti penjelasan sebelumnya, ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi oleh pekerja di perantauan karena tinggal jauh dari keluarga. Sebagai pekerja di perantauan, kamu harus bijak memilih kebutuhan mana yang harus diutamakan. Hindari tuntutan gaya hidup sebelum kebutuhan primer terpenuhi. Tujuannya agar kamu bisa menabung dan masih memiliki uang hingga akhir bulan.

2. Manfaatkan Promo atau Diskon saat Belanja

5 Tips Jitu Mengelola Keuangan Bagi Pekerja di Perantauan

Tips berikutnya adalah memanfaatkan promo atau diskon saat belanja. Carilah toko, minimarket, atau tempat makan yang memberikan potongan harga menarik agar budget pengeluaran kamu tidak membengkak. Tetaplah bijak mengutamakan kebutuhan primer meski ada produk atau barang lain yang sedang ada promo. Tujuannya agar kamu tidak menjadi pribadi yang impulsif.

3. Tetapkan Budget Pengeluaran

Menetapkan anggaran untuk pengeluaran adalah salah satu cara tepat mengelola keuangan yang harus kamu lakukan. Tetapkan budget tertentu untuk memenuhi kebutuhan primer dalam satu bulan. Budget tersebut harus meliputi biaya tempat tinggal, makan, hingga transportasi.

 

4. Alokasikan Gaji untuk Dana Darurat

5 Tips Jitu Mengelola Keuangan Bagi Pekerja di Perantauan

Dana darurat sangat berguna untuk pengeluaran yang sifatnya mendesak. Oleh karena itu, kamu harus mengalokasikan 10% dari gaji kamu untuk dana darurat. Keberadaan dana darurat akan membuat tabungan kamu tetap aman dan terhindar dari utang.

 

5. Konsisten dengan Anggaran yang Sudah Ditetapkan

Last but not least, konsisten. Kunci utama mengelola keuangan adalah konsisten terhadap anggaran yang sudah ditetapkan. Salah satu cara agar kamu bisa konsisten adalah membuat anggaran bulanan secara rutin. Catatan bulanan tersebut juga memudahkan kamu mengevaluasi pengeluaran di kemudian hari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles