Indonesia jadi negara kedua terbanyak konsumsi mie instan setelah China dan Hongkong dengan tingkat konsumsi tinggi. Mie instan seringkali menjadi pilihan menu makanan yang enak, murah, dan mudah didapatkan. Sejak puluhan tahun lalu, mie instan telah menjadi solusi makanan darurat ketika tidak ada pilihan makanan lain yang tersedia.
Di era modern, popularitas mie instan di Indonesia semakin meningkat pesat. Hal ini tertandai dengan munculnya berbagai merek mie instan baru dan variasi rasa yang semakin beragam di pasar. Tidak mengherankan bahwa konsumsi mie instan di Indonesia sangat tinggi.
Bahkan menurut data terbaru dari World Instant Noodles Association (WINA) per tanggal 24 Mei, Indonesia kembali menempati posisi kedua sebagai negara dengan konsumsi mie instan tertinggi di dunia.
Indonesia Jadi Negara Kedua Terbanyak Konsumsi Mie Instan
Di posisi pertama ada negara China dan Hong Kong yang per tahunnya rata-rata bisa menghabiskan 45 juta porsi mie instan. Sementara untuk Indonesia, konsumsi mie instan terus naik setiap tahunnya. Di tahun 2019 contohnya, konsumsi mie instan di Indonesia berada di angka 12,5 juta porsi dalam setahun. Lalu jumlah ini naik di tahun 2021, di mana orang Indonesia mengkonsumsi 13,2 juta porsi mie instan.
Bahkan di tahun 2021, Indonesia sempat menduduki peringkat kedua sebagai negara yang paling banyak makan mie instan. Jumlah konsumsi ini terus meningkat di tahun 2022-2023. Puncaknya tahun lalu, warga Indonesia mengkonsumsi 14,5 juta porsi mie instan. Sehingga WINA kembali menempatkan Indonesia di posisi kedua dari 56 negara dengan konsumsi mie instan tertinggi di dunia.
Melihat dari data yang WINA rilis, kebanyakan peringkat teratas konsumen mie instan tertinggi ini dirajai oleh negara-negara di Asia. Misalnya di posisi tiga ada India dengan 8,8 juta porsi mie instan per tahunnya.
Di posisi selanjutnya ada Vietnam di angka 8,1 juta porsi mie instan. Dilanjur Filipina di posisi ke enam dengan angka 4,3 juta porsi, lalu ada Thailand di posisi ke sembilan dengan 3,9 juta porsi mie instan sampai Malaysia di posisi ke-13, dengan jumlah konsumsi 1,6 juta per tahunnya.
Selain itu Indonesia juga menjadi rumah dari brand mie instan ternama seperti Indomie yang produknya sudah mendunia. Karenanya konsumsi mie instan di negara lain memang terus bertambah setiap tahunnya.
Bukti lain dari kepopuleran mie instan di Indonesia adalah munculnya banyak varian mie instan di pasaran. Netizen lantas mengkreasikan mie instan menjadi beragam sajian nikmat yang beberapa resepnya bahkan jadi viral di media sosial.