Keterampilan yang paling diremehkan tetapi ternyata dimiliki orang sukses. Setiap orang memiliki keterampilan yang berbeda-beda. Namun, apabila bisa percaya diri dan memanfaatkannya dengan baik, keterampilan tersebut bisa saja berbuah manis.
Juliette Han, ahli saraf eksekutif bioteknologi, anggota fakultas di Columbia Business School, dan penasihat akademik di Harvard Medical School, berbagi tentang keterampilan sederhana yang paling sering diremehkan, tapi ternyata dimiliki oleh semua orang sukses.
Keterampilan yang ‘Paling Diremehkan’ Tapi Dimiliki Orang Sukses
Ia percaya diri, dengan kemampuan menulis terbaik yang dimilikinya, bisa membuatnya lebih percaya diri dalam berinteraksi dalam bentuk apapun, entah itu email, berbicara di depan umum, atau sekadar obrolan ringan. Melansir CNBC Internasional, Juliette pun berbagi cara terbaik untuk menulis dengan jelas. Simak!
1. Pilih format yang tepat untuk pesan

Sebelum kamu mengomunikasikan ide atau permintaan, tentukan format terbaik untuk menyampaikan informasi tersebut. Misalnya, kalau kamu ingin berbagi tentang hasil penelitian yang melibatkan data kompleks, bisa menggunakan PowerPoint yang menampilkan bagan dan gambar agar lebih jelas diterima oleh pembacanya.
Untuk memberikan informasi cepat dan singkat, bisa disampaikan sejelas mungkin dengan pesan teks, dan sebagainya. Di posisi ini, kamu perlu tahu media apa yang pas digunakan untuk menyampaikan informasi tersebut. Hal ini agar informasi bisa diterima dengan jelas.
2. Pakai bahasa yang lugas dan sederhana

Untuk berkomunikasi dengan teman, sering kali kita menggunakan bahasa yang santai atau disingkat-singkat agar lebih cepat. Namun, hal ini tidak berlaku untuk berkomunikasi secara formal. Kamu perlu menggunakan bahasa yang lugas dan sederhana, yang bisa dipahami oleh semua orang. Namanya berkirim pesan, tentu kita menghindari kesalahpahaman bukan? Dengan mengirim teks jelas, pasti akan lebih memudahkan.
3. Berikan keterangan yang jelas

Jika pesan kamu tertuju pada orang yang memiliki kesibukan sangat padat, usahakan memberikan keterangan yang jelas pada pesan tersebut. Sebab, bisa saja ia tidak mengingat dirimu atau adanya pesan masuk yang banyak. Misalnya, kamu bisa memberikan keterangan tentang bagaimana pertemuan terakhir atau pembahasan terakhir. Cara ini bisa membuat ia mengulang lagi memori dan mengingatmu. Atau, jika pesan tersebut memiliki tenggat waktu, berikan keterangan jelas agar ia bisa segera membalasnya.
4. Hindari kesalahan penulisan

Penting juga untuk selalu memeriksa ulang pesan, sebelum kamu kirimkan. Kesalahan pengetikan memang sederhana, namun untuk sebagian orang, hal ini bisa mengurangi poin kamu di mata mereka. Bisa pesan tersebut memiliki arti lain, orang tidak paham dengan pesanmu, atau jika kamu sedang melamar menjadi penulis bisa saja pesan tersebut membuatmu tidak lolos seleksi.
Nah, keterampilan menulis dengan jelas ternyata sangat penting ya. Walau terkesan sepele, saat ini kamu bisa membiasakan diri untuk memulai sesuatu dengan menulis. Sebelum presentasi bisa menulis materi terlebih dahulu, sebelum berkirim pesan bisa diketik dan diperiksa terlebih dulu, dan sebagainya. Yuk, jangan lagi diremehkan, karena skill menulis dimiliki juga oleh para orang sukses!