Cara mengatasi stres karena pekerjaan oleh orang cerdas secara emosional ini penting untuk kita coba terapkan. Stres dalam lingkungan kerja adalah tantangan yang dapat oleh siapa saja hadapi. Terutama di era modern yang penuh dengan tekanan, tingkat stres di tempat kerja semakin meningkat. Beberapa penyebab umum stres di lingkungan kerja meliputi beban kerja yang tinggi, kondisi lingkungan kerja, kesulitan dalam mencapai work-life balance, dan faktor-faktor lainnya. Jika tidak teratasi, stres ini dapat berdampak negatif pada produktivitas.
Bagaimana kita bisa mengatasi stres di tempat kerja? Sebuah panduan yang bisa kamu ambil dari kebiasaan orang dengan tingkat kecerdasan emosional tinggi dapat menjadi inspirasi. Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali, menilai, mengelola, dan mengontrol emosi baik diri maupun orang lain di sekitarnya.
Orang dengan kecerdasan emosional tinggi memiliki kemampuan yang efektif dalam mengatasi stres di tempat kerja. Berikut adalah 5 strategi yang sering oleh mereka lakukan, seperti terlansir dari Fast Company. Mari kita simak!
Cara Mengatasi Stres Karena Pekerjaan oleh Orang Cerdas
Menyadari Tingkat Stres

Jika kamu memiliki kecerdasan emosional tinggi, kamu akan menyadari seberapa besar tingkat stres kerja yang sedang kamu hadapi. Kemudian, kamu tidak akan membiarkan tingkat stres tersebut mencapai titik di luar kendali atau di luar batas. Setelah menyadari, kamu pun memiliki berbagai alat atau cara untuk mengatasi stres kerja yang sedang melanda. Seperti rehat atau beristirahat atau berdiskusi dengan rekan kerja yang terpercaya.
Memiliki Support System

Memiliki support system atau orang-orang yang dapat mendukung secara tulus tentu menjadi hal penting dalam hidup. Tidak hanya sebagai tempat untuk berbagi kisah sedih dan senang, support system juga bisa menjadi orang pertama yang bisa membantumu ketika dilanda masalah, termasuk stres kerja. Dengan tingkat kecerdasan emosional yang tinggi, kamu pasti memiliki orang-orang yang bisa dipercaya untuk berkeluh kesah seputar masalah yang dihadapi. Tidak hanya itu, kamu juga tidak ragu untuk menemui tenaga profesional jika tingkat stres yang dihadapi sudah di luar kendali.
Berpikir Sebelum Bertindak

Seringnya, manusia merasakan berbagai emosi terlebih dahulu sebelum berpikir. Akibatnya ketika emosi menguasai, keputusan yang dibuat tidak masuk akal dan efektif, bahkan bisa membahayakan. Jika kamu memiliki tingkat kecerdasan emosional yang tinggi, ketika kamu mulai merasakan stres karena pekerjaan, kamu akan menjauh sejenak dari hal-hal yang menjadi sumber stres. Kamu akan membiarkan otak dan hati dalam kondisi tenang sebelum akhirnya membuat keputusan yang rasional.
Mampu Menerapkan Batasan dan Bersikap Tenang

Alih-alih bereaksi terhadap amarah yang timbul karena stres, kamu yang cerdas secara emosional tahu bahwa amarah hanya akan memperburuk keadaan. Kamu akan berusaha tetap tenang dan berpikir jernih ketika berada dalam situasi dengan tekanan tinggi. Kamu juga mampu merespon serangan yang diterima dengan sopan namun tetap tegas menerapkan batasan yang kamu miliki.
Paham Apa yang Jadi Pemicu Stres

Ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu atau trigger dari stres. Biasanya, emosi muncul karena situasi membawa kenangan dari masa lalu yang bahkan tidak menyadarinya. Namun, kamu yang memiliki kecerdasan emosional tinggi mampu menyadari emosi tersebut dan tidak larut di dalamnya. Kamu pun memiliki strategi tersendiri yang siap menggunakan kapanpun jika berhadapan dengan hal-hal yang bisa memicu stres.
Itulah beberapa kebiasaan orang dengan kecerdasan emosional tinggi saat menghadapi stres di tempat kerja. Coba mulai terapkan, yuk!