Selasa, 1 Juli 2025
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Cara Mudah Mengatasi Lupa EFIN Saat Lapor SPT

Cara mudah mengatasi lupa EFIN saat akan melaporkan SPT tahunan ini penting untuk kita ketahui. Masalah umum yang sering banyak orang hadapi saat melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak adalah kehilangan nomor Electronic Filing Identification Number (EFIN). Kebanyakan orang lupa mencatat nomor ini, sehingga sering kali terlupakan.

Sebelumnya, banyak keluhan terkait lupa EFIN tersampaikan melalui pesan singkat di akun Kring Pajak di platform X (sebelumnya Twitter). Namun, mulai tanggal 5 Januari 2024, cara tersebut tidak lagi tersedia. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah mengumumkan perubahan ini melalui akun Kring Pajak di platform X. Bagaimana cara mengatasi masalah ini? Berikut ulasannya.

Cara Mudah Mengatasi Lupa EFIN Saat Lapor SPT

Cara Mudah Mengatasi Lupa EFIN Saat Lapor SPT

Nah cara mengatasi lupa EFIN saat SPT adalah dengan melakukan permohonan lupa EFIN melalui email lupa.efin@pajak.go.id. Untuk satu email, berlaku untuk satu permohonan layanan lupa EFIN. Permohonan juga harus dilengkapi PORO, jadi ketika kamu mengirimkan email ke KPP, kamu perlu menyertakan dokumen berikut:

  • Scan formulir permohonan EFIN, dan beri centang pada jenis permohonan cetak ulang. Formulirnya dapat diunduh langsung di www.pajak.go.id/id/formulir-permohonan-EFIN. Pastikan nomor telepon dan surel yang ditulis di formulir masih aktif.
  • Foto identitas (KTP bagi WNI, KITAP/KITAS bagi WNA)
  • Foto Surat Keterangan Terdaftar (SKT) atau NPWP
  • Swafoto atau selfie dengan memegang KTP dan kartu NPWP

Apabila seluruh data sesuai, maka petugas akan mengirim pemberitahuan EFIN lewat email.

Itulah cara mudah mengatasi lupa EFIN saat akan melaporkan SPT. Semoga membantu.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles